LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL GABUNGAN DAN UPACARA PENAIKAN BENDERA

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL GABUNGAN DAN UPACARA PENAIKAN BENDERA

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (S) Muhamad Firman Nugraha, S.E. menggelar apel gabungan dan upacara bendera yang diikuti seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal III Jakarta bertempat di lapangan apel Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (12/02/2024).

Danlantamal III Jakarta dalam amanatnya yang dibacakan Kakuwil Lantamal III Jakarta mengatakan “Seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta harus bijak dalam menggunakan gaji atau penghasilannya dengan menggunakan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan. Apabila kita menggunakan penghasilan sesuai keinginan maka tidak akan pernah ada batasnya, maka harus disikapi dengan bijaksana dan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan. Diberikan kesempatan kepada seluruh prajurit dan PNS di lingkungan TNI Angkatan Laut untuk memiliki rumah melalui program Pemilikan Perumahan Melalui Dinas (PPMD) yang besarannya akan disesuaikan dengan strata atau golongan. Bagi anggota yang mengajukan kepemilikan rumah melalui program PPMD maka tabungan disiplin (Tabplin) tidak akan dipotong tetapi diberikan secara penuh”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Berkaitan dengan pembagian perlengkapan perorangan dan lapangan (Kaporlap) TA 2024 menggunakan data per Februari 2024, untuk itu seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta untuk segera memperbarui data melalui aplikasi Sistem Informasi Bekal Entitas Samapta (SI-Bensam). Titik berat pembagian Kaporlap TA 2024 adalah pakaian dinas harian (PDH) dengan atributnya. Menghadapi cuaca yang berubah-ubah seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta harus menjaga kesehatan dan melaksanakan olahraga secara rutin, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Di samping itu seluruh prajurit Lantamal III Jakarta harus meningkatkan pengamanan internal, terus meningkatkan kewaspadaan, pengawasan dan pengamanan terhadap markas komando (Mako), kesatrian, objek vital (Obvit), fasilitas perkantoran, dan komplek perumahan”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Danlantamal III Jakarta menekankan “Dalam menghadapi pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum Presiden (Pilpres), dan Pemilu legistalif (Pilleg) serta pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 seluruh prajurit Lantamal III Jakarta harus netral dan menjaga sikap netralitasnya. Sedangkan bagi PNS tetap diberikan hak pilihnya untuk menyalurkan pilihan dan aspirasi sesuai aturan yang berlaku dengan tetap menjaga netralitasnya sebagai PNS yaitu tidak boleh terlibat secara langsung atau tidak langsung dalam kegiatan politik praktis yang bertentangan dengan perannya sebagai PNS. PNS tetap berhak datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan suaranya tetapi dilarang menunjukkan dukungan kepada kandidat dan partai politik tertentu. Kepada seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta harus ikut menyukseskan Pemilu tahun 2024 dengan menjaga netralitas sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga nama baik institusi TNI Angkatan Laut, sehingga Pemilu dapat berjalan lancar, aman dan damai”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan