Sigap Bersihkan DAS Cigandasoli, Satgas Sektor 13 Sub 01 Angkat Tumpukan Sampah Dan Ranting.

Purwakarta, MPN.

Berbagai upaya terus dilakukan satgas Citarum sektor 13 Sub 01 dalam menanggulangi sampah yang menumpuk, dengan alat seadanya satgas bersama masyarakat turun membersihkan anak sungai Cigandasoli Kampung Cipeucang Kecamatan Plered , Selasa (20/02).

Dansektor 13 Kolonel Caj Rudi Priyanto SE, MM mengatakan, setiap selesai hujan sampah selalu datang bersamaan dengan aliran air dari anak sungai.

” Sampah sampah berbagai jenis itu lantas menumpuk di permukaan sungai karena banyaknya ranting dan bambu serta pelepah daun kelapa melintang,” ujar Dansektor 13.

Menurut Dansektor, sampah yang berhasil diangkat hari ini mencapai 2 kubik, dengan menggunakan karung, sampah jenis plastik dan streofom dikirim ke tempat pemilahan, sementara ranting dan daun di buang ke TPS.

Lebih lanjut Dansektor menyampaikan, apabila tidak secepatnya di angkat, sampah tersebut akan semakin banyak, dan akan menumpuk sehingga menghambat aliran air.

Ditambahkan Dansub 01 Serka Ujang Rohendi, sebagian sampah tersebut berasal dari hulu anak sungai yang dibawa aliran air pada waktu hujan.

Berbagai jenis sampah yang berhasil diangkat tambah Dansub 01, seperti streofom, Pampers, ranting dan kayu serta plastik.

Dirinya berharap, dengan terlibatnya masyarakat setempat membersihkan anak sungai Cigandasoli, kesadaran akan semakin meningkat dan bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan