Bupati Dolly Terima Anugrah Bergengsi Dari PWI, Lingkungan di Tapsel Rusak Berat

copot Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sipirok-Mediapatriot.co.id-

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu diminta copot Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan OMAS (Ongku Muda Atas Sormin) terkait dugaan kerusakan lingkungan yang sangat meresahkan.

Kerusakan lingkungan hidup di wilayah kecamatan Sipirok dan kecamatan Arse bukan tanpa alasan yang jelas. Kerusakan berawal diterimanya SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan) pola kemitraan PT Toba Pulp Lestari di dusun Aek Latong Desa Marsada Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

 

Dahulunya areal yang dibuka tersebut adalah hutan kini dijadikan penanaman Eucalyptus oleh PT Toba Pulp Lestari. SPPL yang diterima Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan berpotensi menimbulkan perubahan zona lingkungan hidup. Apalagi, lokasi tersebut merupakan perlintasan satwa dan hulu dari sungai aek sihoru horu, kata Divisi Monitoring LSM Trisakti Adi Saputra Tanjung kepada wartawan. Jumat, 1/3/2023.

 

Adi juga menjelaskan bahwa areal tersebut berada di patahan yang terlihat jelas dari patahan di jalan nasional Aek Latong dan juga Jalan Nasional Batu Jomba. Sangat disayangkan, Kadis Lingkungan Hidup Ongku Muda Atas Sormin masih menerima Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL).

 

Menurutnya, SPPL yang diterima tersebut tanpa dilakukan kajian dan analisis dari dampak lingkungan yang akan terjadi dikemudian hari. Selain itu, hal yang paling dipertanyakan bahwa perusahaan PT Toba Pulp Lestari telah memiliki AMDAL. “Kenapa lagi pihak PT Toba Pulp Lestari menerima SPPL padahal mereka telah memiliki AMDAL” ucapnya.

 

Kerusakan lingkungan bukan saja terjadi di wilayah Sipirok dan Arse, Tetapi kerusakan lingkungan juga terjadi di hulu sungai Batangtoru. Jika dibandingkan dari hilir berbeda dengan dihulu yang ditanami sawit oleh oknum anggota DPRD Tapsel.

 

“Selain itu, galian C yang berada di Kecamatan Batangtoru, Muara Batangtoru serta Angkola Sangkunur dipastikan tidak ada yang memiliki izin. Tetapi hal tersebut dibiarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Selatan. Padahal anggaran ratusan juta untuk pemantauan lingkungan telah ditampung dalam APBD setiap tahun.

 

Kerusakan lingkungan hidup di Tapanuli Selatan seharusnya menjadi perhatian serius Pemkab Tapanuli Selatan. Apalagi baru-baru ini Bupati Dolly Pasaribu menerima piala anugerah penghargaan dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) atas kepeduliannya terhadap lingkungan hidup.

 

“Kami menduga laporan Kadis Lingkungan Hidup Tapanuli Selatan Ongku Muda Atas Sormin kepada Bupati tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, dan Kami berharap agar Bupati segera copot Kadis tersebut” Pungkasnya.

Terpisah Mantan Wartawan Stn Bangun Harahap yang sekarang menekuni bidang lingkungan hidup indonesia, mengatakan kepada awak media agar penghargaan PWI itu dicabut aja, sebab PT. Toba Pulp Lestari tidak mampu di tertibkan Bupati Dolly.

Pembukaan jalan di kawasan Hutan, kalau hanya HATABOSI nya indikator nya itu juga bukan dia pemerkarsanya, sebelum beliau bupati udah ada itu HATABOSI.

Belum lagi kawasan hutan yang di kebuni Kelapa Sawit oleh Beberapa orang Anggota DPRD Tapsel di kecamatan Angkola selatan, Angkola Sangkunur dan pinggiran sungai batang Toru begitu juga pinggiran sungai Garoga (Sempadan sungai) tidak mampu di tertibkan Bupati Dolly.

Seperti kejadian di Desa Huta Ginjang baru baru ini Penanaman Kopi di kawasan Hutan. Staf SM yang berjibaku menghilang kan status itu, tidak layak dianya dapat anugrah, diduga keras itu peran rupiah, mari kita seminar kan ucap Stn Bangun dengan nada Optimis(Seminar). (Romy)

 


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI