ANTISIPASI BANJIR DAN GENANGAN AIR PEMDES BINDU BANGUN DRAINASE DI DUSUN VI SUKA MARGA

Lampung Utara – MediaPatriot.co.id Desa merupakan tempat bagi banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitas, maka untuk menjamin kesehatan dan kenyamanan penduduknya harus ada sanitasi yang memadai, misalnya drainase.

Dengan adanya drainase tersebut genangan air hujan dapat disalurkan, sehingga banjir dapat dihindari dan tidak akan menimbulkan dampak ganguan kesehatan pada masyarakat, serta aktivitas masyarakat tidak akan terganggu.

Drainase merupakan suatu sistem untuk menyalurkan air hujan. Sistem ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

Drainase juga merupakan salah satu dasar untuk memenuhi kebutuhan yang merupakan komponen terpenting dalam suatu perencanaan infrastruktur sebuah wilayah yang bertujuan untuk menjadikan sebuah infrastruktur wilayah yang aman, nyaman, bersih dan sehat.

Untuk itu Desa Bindu, Kecamatan Abung Kunang, Kabupaten Lampung Utara melakukan pembangunan drainase di Dusun VI Suka Marga, dengan pertimbangan saluran pembuangan air / drainase memang belum ada dan untuk mengantisipasi banjir dan genangan air saat musim hujan.

Dengan melihat kondisi tersebut maka Pemerintah Desa Bindu di anggaran Tahun 2024 melakukan pembangunan drainase dengan sumber dana dari Dana Desa Tahap 1 (satu) yang melibatkan tenaga kerja lokal dengan tujuan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan aturan pemerintah pusat.

“Kita alokasikan ADD untuk pembangunan drainase di wilayah Dusun VI Suka Marga agar genangan air, terutama di musim hujan dapat disalurkan,” jelas Kepala Desa Bindu, Roly Januarsyah, Selasa (05/03/2024)

“Alokasi ADD tersebut merupakan hasil musyawarah perangkat desa yang dituangkan di perencanaan pembangunan desa, kemudian kita alokasikan anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan drainase,” ujarnya.

Pembangunan drainase tersebut memakan anggaran sebesar Rp. 78.436.000,- yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) dengan panjang 164 Meter, Type 60/80.

Pembangunan drainase ini diharapkan tidak hanya sekedar langkah mengurangi risiko banjir, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup warga Dusun VI Suka Marga secara keseluruhan. Proyek drainase ini diharapkan selesai dalam satu bulan kedepan dan semoga proyek pembangunan drainase perdesaan ini dapat menjadi contoh dan menginspirasi bagi desa lain dalam mengatasi permasalahan yang serupa.

( Dody )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan