Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto Menghimbau Masyarakat Adat Buay Mencurung Saidi, Menghormati Proses Hukum Yang Masih Berlangsung

Mesuji — Mediapatriot.co.id–Untuk yang kedua kalinya Kapolres Mesuji memberikan himbauan kepada Masyarakat Adat Buay Mencurung yang saat ini menduduki lahan HGU PT. SIP Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, yang sebelumnya telah dilakukan oleh Kabag Ops Polres Mesuji pada tanggal 27 Februari 2024 lalu.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto S.H, S.IK, CPHR menyampaikan himbauan kepada perwakilan Masyarakat adat Buay Mencurung Saidi, diantaranya meminta kepada Masyarakat yang menduduki lahan PT. SIP untuk menghormati proses hukum yang masih berjalan, dan meninggalkan lokasi yang secara hukum menjadi HGU PT. SIP.


“Kedatangan kami kesini untuk bersilaturahmi dan Meminta kepada Masyarakat untuk mengosongkan dan meninggalkan lokasi yang saat ini masih menjadi HGU PT. SIP serta menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan”. Ucapnya.

Lebih lanjut terang AKBP Ade, ia mengingatkan bahwasannya lahan yang Masyarakat Klaim adalah merupakan lahan HGU yang sah dan di akui Negara,

“Saya sangat menghargai atas apa yang masyarakat adat mencurung perjuangkan hingga hari ini, namun perlu diketahui, lahan yang saat ini diklaim merupakan lahan HGU yang sah dan diakui oleh Negara”. Jelasnya


Alumni Akpol 2002 itu juga menambahkan, bahwa sampai saat ini Masyarakat Adat Buay Mencurung tidak pernah memperjuangkan hak yang menjadi dasar klaim, baik melalui perdata maupun pidana, sehingga mereka tidak memiliki kekuatan hukum yang sah berdasarkan Undang-Undang yang berlaku.

“Sekali lagi saya sampaikan agar Masyarakat menempuh jalur hukum sesuai Undang-Undang yang berlaku”. Pungkasnya.


Dalam Giatnya Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto S.H, S.IK, CPHR di dampingi Kabag Ops Polres Mesuji Kompol Iwan Dharmawan S.H,M.H, Dal Ops Polres Mesuji AKP Subur, S.E, Kasat Binmas Polres Mesuji AKP Sarijo, Kasat Reskrim AKP Barazili S.T,M.H, Kasi Humas AKP Lembo Marlindo, Kasat Intelkam IPTU Asiadi Wasito S.H, Kasat Samapta IPTU Darlis, Kasi Propam IPTU Andre Rizal, Kasat Narkoba IPTU David Herlis S.H, Kapolsek Mesuji Timur IPDA Andri Saputra S.I.P, Anggota Koramil Simpang Pematang Serka Burhanudin, Anggota Koramil Simpang Pematang Sertu Margono, Anggota Koramil Simpang Pematang Serma Skoweri, dan Kepala Desa Talang Batu Zulham.(wyn)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan