Rukun Puasa Ramadan yang Harus Diketahui

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslimin dan Muslimah untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Bahkan, kewajiban puasa di bulan ramadhan sudah tertuang dalam QS Al Baqarah ayat 183. Kendati demikian, agama Islam memberikan kelonggaran bagi golongan tertentu untuk tidak mewajibkan ibadah puasa ramadhan.

Golongan-golongan yang dimaksud diantaranya adalah wanita hamil dan menyusui, orang lanjut usia, orang yang sakit parah, orang dengan gangguan jiwa, dan orang yang sedang dalam perjalanan jarak jauh.

Namun, orang-orang tersebut harus mengganti puasanya di luar bulan ramadhan atau membayar fidyah sesuai dengan puasa yang ditinggalkannya.

Lantas, bagaimana dengan rukun puasa ramadan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

3 Rukun Puasa Ramadhan

  1. Beragama Islam
    Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kewajiban menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan itu hanya berlaku bagi yang beragama Islam.
  2. Membaca Niat
    Menurut pendapat dari kebanyakan ulama di seluruh dunia, menyebutkan bahwa bacaan niat bukanlah penentu dari sah atau tidaknya suatu ibadah, termasuk puasa ramadhan.
    Jadi, ibadah puasamu masih tetap sah meskipun tidak membaca niat. Seandainya memang ingin melafalkan bacaan niat puasa ramadhan, berikut bacaannya dalam teks latin:
    Bacaan Latin: Nawaitu shauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala
    Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.
  3. Menahan Hawa Nafsu
    Dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan tak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar saja, melainkan juga harus menahan hawa nafsu.Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa
    1. Berkata Dusta dan Berbohong
      Berkata dusta atau berbohong merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan.
      Hal ini sebagaimana dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Barangsiapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan perbuatan dusta, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari-Muslim)
    2. Mencaci dan Berkata Kasar
      Selain perkataan dusta, mencaci dan berkata kasar juga bisa mengurangi pahala seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa.
      “Puasa itu bukanlah sekedar menahan makan dan minum, tapi juga menahan diri dari ucapan dan perbuatan yang sia-sia. Jika ada seseorang yang mengolok-olok atau bertindak kasar pada dirinya, maka katakanlah, ‘Saya sedang berpuasa.” (HR. Bukhari)
    3. Perbuatan Keji dan Mungkar
      Dalam QS Al Baqarah ayat 185, perbuatan keji dan mungkar bisa mengurangi pahala puasa bagi si pelakunya.
      “Puasa itu diwajibkan bagimu sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa.”
      Makna dari kandungan ayat tersebut menyebutkan bahwa seorang muslim yang melakukan perbuatan keji dan mungkar, maka ia telah meninggalkan ketakwaannya sehingga dapat mengurangi pahala puasa.
    4. Menggunjing
      Menggunjing atau meng-ghibah sangat dilarang dalam agama Islam, karena dapat menimbulkan dosa dan mengurangi pahala puasa.
      Rasulullah SAW bersabda: “Ada 5 perkara yang membatalkan pahala orang yang berpuasa, yaitu (1) berdusta, (2) berghibah, (3) mengadu domba, (4) bersumpah palsu, (5) memandang dengan syahwat,” (H.R. Dailami)
    5. Tidak Menunaikan Sholat Wajib
      Orang yang berpuasa namun tidak menunaikan sholat lima waktu, maka ia hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja.
      Rasulullah SAW bersabda: “Tidak diterima puasa orang yang tidak mengerjakan shalat.” (HR. Ahmad)
      Nah, itulah beberapa hal yang dapat merusak dan mengurangi pahala puasa ramadhan.

Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan