LANTAMAL III JAKARTA HADIRI APEL KESIAGAAN PEMBUKAAN POSKO PENYELENGGARAAN ANGKUTAN LAUT LEBARAN TAHUN 2024 (1445 H)

LANTAMAL III JAKARTA HADIRI APEL KESIAGAAN PEMBUKAAN POSKO PENYELENGGARAAN ANGKUTAN LAUT LEBARAN TAHUN 2024 (1445 H)

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Asisten Operasi (Asops) Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Puryanto menghadiri apel kesiagaan pembukaan pos koordinasi (Posko) penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2024 (1445 H) dengan inspektur apel Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubla Kemenhub) Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc. bertempat di dermaga Terminal Penumpang Nusantara Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (25/03/2024).

Dirjen Hubla dalam amanatnya mengatakan “Seperti kita ketahui bersama realisasi angkutan lebaran tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 4,37 persen dibandingkan tahun 2022 dan pelaksanaannya berjalan dengan baik, lancar, aman serta kondusif. Kondisi yang sama tentunya kita harapkan dan doakan untuk penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2024 (1445 H) serta kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada masa lebaran tahun ini. Angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan di mana transportasi laut menjadi satu-satunya sarana transportasi yang tersedia. Angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik”.

Selanjutnya Dirjen Hublu menjelaskan “Ini menggambarkan betapa pentingnya angkutan laut dalam mendukung suksesnya angkutan lebaran tahun 2024 (1445 H) di Indonesia. Kita juga menyadari angkutan laut memiliki resiko yang tidk kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal. Selain itu juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal. Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar mempersiapkan angkutan laut lebaran tahun 2024 (1445 H) yang mampu menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan