Bahkan Ratusan Juta, Konflik Warga Dengan TPL Lahirkan Calo Modus Pengamanan

sawit, karet dan tanaman lain milik warga pun rusak

Tapanuli Selatan – Mediapatriot.co.id– Alih-alih niat membantu dan peduli pada nasib korban pengrusakan kebun, justru konflik antara PT Toba Pulp Lestari (TPL) dengan masyarakat pemilik lahan kebun di kecamatan Angkola Timur, kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terkesan melahirkan calo bermoduskan pengamanan lahan warga agar tak tersentuh oleh perusahaan.

 

Amatan itu dinilai dari adanya beberapa area lahan kebun warga yang tidak tersentuh sama sekali di antara kebun milik warga yang luluh lantak datar dengan tanah, dan adanya ungkapan dari kalangan pemilik kebun yang menyebut beberapa oknum menawarkan pengamanan lahan kebun dengan meminta biaya sejumlah uang agar terhindar dari pengrusakan alat berat yang dioperasikan perusahaan perkebunan eucalyptus terbesar di Indonesia itu.

Tidak tanggung-tanggung, biaya yang ditawarkan mencapai puluhan hingga ratusan juta hanya agar terhindar dari pengrusakan kebun saja. Sehingga duka yang dirasakan warga ibaratkan pepatah, mencari kesempatan dalam kesempitan.

“Bagi saya bagaikan kiamat kecil rasanya perbuatan TPL ini, tidak manusiawi. Sudah begitu, eh masih ada saja orang yang berniat meraih keuntungan dalam peristiwa ini. Masih tega meminta uang kepada kami yang korban ini dengan modus agar lahan kami aman dari pengrusakan sebagai biaya untuk diserahkan kepada oknum pihak perusahaan,” ungkap warga pemilik kebun yang dirusak di area Desa Sanggapati.

“Tidak tanggung-tanggung pula, biaya yang diminta itu mencapai puluhan juta. Bahkan ada dari kita yang mengaku dimintai ratusan juta agar lahannya aman dan terhindar dari operasi alat berat milik perusahaan. Macam-macamlah tawarannya,” akuinya lagi.

Padahal sebagian besar lahan kebun yang dianggap dirusak alat berat dengan pengawalan banyak orang perusahaan itu sudah memperoleh dan memiliki legalitas resmi dari pemerintah.

Steven Aritonang, salah seorang aktivis Aliansi Tabagsel Bersatu yang tergabung dari berbagai elemen masyarakat ini juga mengatakan, pihak PT TPL justru terkesan bertindak tidak fair dengan penguasaan lahan tebang pilih. Sebab, beberapa lokasi yang diklaim masuk lahan konsesi PT TPL tidak dijamah.

“Saya menduga ada pihak TPL yang memiliki hubungan keluarga dengan pemilik kebun yang tidak tersentuh memanfaatkan momen ini, bermain mata sehingga lahan dan kebunnya tak dilirik oleh perusahaan,” beber Ketua LSM PENJARA PN Tapsel, Steven kepada media, Jumat (29/3/2024).

Anehnya lagi, kata Steven, ada sebahagian kebun sawit dan karet milik warga yang ditumbang PT TPL, menurut pantauan dia tidak termasuk di dalam progres report land claim konsesi. Ditambah beredarnya isu adanya oknum (calo) yang menawarkan jasa modus memanfaatkan kedekatan hubungan dengan oknum Humas TPL untuk memperoleh keuntungan pribadi.

“Bahkan ada seorang oknum kepala desa yang tega dan berani menawarkan jasa dengan meminta sejumlah uang kepada pemilik kebun untuk diserahkan ke Humas TPL agar lahannya tidak dimasuki alat berat, apakah itu yang dimaksudkan pendekatan persuasif dalam catatan pihak TPL?” ujarnya.

Ia pun menegaskan, pihak TPL jangan terkesan tebang pilih hingga membuka peluang adanya calo bermoduskan pengamanan lahan dalam konflik ini. Baginya, tidak ada istilah pendekatan persuasif atau kesepakatan dengan masyarakat asli bila memang PT TPL memiliki izin konsesi sesuai luasan dimaksud.

“Jangan tebang pilih, jangan ada yang diuntungkan pribadi dalam penguasaan lahan ini. Ratakan semua sesuai izin konsesi, jangan ada istilah pendekatan persuasif atau sepakat dengan masyarakat asli sebagaimana dimaksud dalam notulen rapat yang dibuat di kantor desa Sanggapati kemarin,” kata Steven.

“Tidak fair bagi korban pengrusakan lainnya karena dianggap lemah, dan melakukan pendekatan persuasif bagi orang sekalipun dia menjabat Kades maupun mantan seorang DPRD jikalau tindakan yang dilakukan TPL ini sudah sesuai izin konsesi atau aturan berlaku. Sekalipun itu berbentuk koperasi kelompok tani, ratakan semua,” pungkasnya.

Diketahui, dalam beberapa bulan ini marak pemberitaan tentang dugaan penyerobotan dan pengrusakan lahan kebun milik warga yang dilakukan PT TPL di berbagai daerah wilayah Sumatera Utara (Sumut). salah satunya terjadi di sejumlah desa di kecamatan Angkola Timur, kabupaten Tapsel.

Akibat tindakan pengrusakan lahan kebun yang didugakan itu, ribuan pohon sawit, karet dan tanaman lain milik warga pun rusak. Segala macam perlawanan dan upaya yang dilakukan masyarakat, alat berat PT TPL masih saja melangsungkan aktivitasnya di lokasi lahan warga.

Pemerintah daerah bersama wakil rakyat dan penegak hukum sepertinya kewalahan menangani konflik pro kontra PT TPL ini, apakah kepentingan korporasi yang didahulukan atau kepentingan masyarakat? sangat menarik untuk diulas berikutnya. (DTT)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan