LANTAMAL III JAKARTA HADIRI SEMINAR NASIONAL MEMPERINGATI HARDIKAL TA 2024 DI SESKOAL

LANTAMAL III JAKARTA HADIRI SEMINAR NASIONAL MEMPERINGATI HARDIKAL TA 2024 DI SESKOAL

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. menghadiri seminar nasional dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) TA 2024 dengan tema “Menuju Sumber Daya Manusia Matra Laut yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) Guna Mendukung Visi Indonesia Maju” yang dibuka oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksdya TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bertempat di Gedung Auditorium Jos Soedarso Seskoal Jl. Ciledug Raya No. 2 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (06/05/2024).

Kasal dalam keynote speech yang dibacakan Danpushidrosal mengatakan “Seminar nasional ini akan difokuskan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan TNI Angkatan Laut guna mendukung pembangunan sumber daya manusia matra laut. Kegiatan seminar ini merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Laut untuk secara proaktif memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya mendukung visi pembangunan nasional yang berkelanjutan. Visi Indonesia Emas tahun 2045 adalah Mewujudkan sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. Salah satu sasaran visi tersebut adalah daya saing sumber daya manusia yang meningkat dengan dilaksanakan peningkatan kualitas sumber daya manusia secara merata melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan, sikap dan etos kerja, serta penguasaan teknologi, inovasi dan kreativitas. Sumber daya manusia matra laut yang PRIMA dan unggul menjadi salah satu faktor untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas tahun 2045”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Selaras dengan itu, visi TNI PRIMA yang dicetuskan oleh Panglima TNI adalah sebuah gagasan yang menekankan pada transformasi dan modernisasi TNI untuk menjadi sebuah institusi pertahanan yang kuat, profesional, adaptif dan responsif terhadap dinamika lingkungan strategis di tingkat nasional maupun global. Visi ini bertujuan untuk menjadikan TNI sebagai kekuatan pertahanan yang profesional, modern dan sesuai dengan kebutuhan zaman, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan keamanan nasional Indonesia. Saat ini kita hidup di era VUCA yang merupakan singkatan dari volatile, uncertain, complex dan ambiguous. Salah satu faktor utama untuk mewujudkan sumber daya manusia matra laut yang PRIMA adalah dengan pembentukan karakter kepemimpinan yang kuat. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kontribusi aktif dari seluruh peserta seminar melalui berbagai masukan dan gagasan aplikatif guna merumuskan strategi nasional yang efektif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia matra laut termasuk lembaga pendidikan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2024”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan