Prof. Dr. Hj. Anna Mariana SH., MH., MBA Meraih Nusantara Award 2024 Kategori Individu Penggerak UMKM dan Ekonomi Kreatif

Jakarta, 8 Mei 2024 – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024, pada Kamis, 9 Mei 2024 di Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh 350 undangan terpilih yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk tokoh budaya, seniman, dan pemangku kepentingan lainnya.

Prof. Dr. Hj. Anna Mariana SH., MH., MBA sebagai Pelopor Tenun Nusantara mengatakan “Saya bahagia sekali dengan penghargaan ini karena kesempatan ini yang saya tunggu-tunggu yang persisnya telah menginisiasi lahirnya hari tenun nasional yang selama 37 Tahun saya perjuangkan dan berhasil saat era Bapak Yasona Laoly memimpin Menhunkam beserta Ibu Puan Maharani yang waktu itu masih menjabat Menteri PMK, Bapak Muhadjir Effendy yang waktu itu masih menjabat Menteri Pendidikan dan Bapak Pratikno yang menjabat sebagai Menteri Sekretariat Negara. Saya sendiri mewakili komunitas yang mewakili dari Asosiasi Tenun Songket Tradisional Indonesia yang kami naungi dari Sabang sampai Merauke yang jumlahnya kurang lebih 42.881.000 pelaku usaha.

Kita berjuang untuk bisa mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Jokowi yang Alhamdulillah berkat apresiasi beliau semangat kita semua termasuk masyarakat Indonesia sehingga perjuangan saya dapat melahirkan Hari tenun nasional yang jatuh tanggal 7 September, tetapi kita belum mendeklarasikan secara nasional dan berharap pada tanggal 7 September 2024 agar Menkumham Yasona Laoly bersama Presiden RI untuk mendeklarasikannya secara nasional karena ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pengrajin Tenun dan Songket di seluruh Indonesia yang telah memperjuangkan dan mempertahankan budaya Bangsa Indonesia yang menjadi balutan Bhinneka Tunggal Ika dari Sabang sampai Merauke maupun Adat Istiadat busana yang kita gunakan adalah bagian dari mereka perjuangkan secara turun temurun dan masih eksis sampai hari ini.

Saya berharap dukungan semua masyarakat yang cinta budaya Indonesia yang kita banggakan, bahwasannya bisa menjadi jatidiri sekaligus ciri khas budaya bangsa kita dari Sabang hingga Merauke adalah Tenun dan Songket Indonesia. Dan ini menjadi kebanggaan kita di kancah Internasional seperti G20 yang lalu sebagai cindera mata yang diberikan kepada seluruh peserta pemimpin G20 berupa tenun dan songket Indonesia,” tutupnya.

Prof. Dr. Hj. Anna Mariana SH, MH, MBA merupakan Pelopor dan tokoh pengabdi budaya Indonesia yang peduli dalam hal membina, mengembangkan, melestarikan, dan mengangkat pengrajin tenun, songket tradisional Nusantara menjadi kebanggaan Indonesia hingga mancanegara. Konsistensi selama kurang lebih selama 36 tahun, mendedikasikan diri dalam melindungi warisan budaya khususnya pada wastra tradisional tenun dan songket yang ada di seluruh kepulauan Indonesia. Pelopor Hari Tenun Nasional (HTN), yang juga pendiri Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI).

Nusantara Awards 2024 menjadi momentum penting dalam mengangkat dan mengapresiasi upaya-upaya nyata dalam pelestarian budaya Nusantara. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak individu dan lembaga yang terinspirasi untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

Daftar Penerima Nusantara Awards 2024
A. Kategori Individu
1. Pelestari dan Pemberdaya Budaya: Tasya Widya Krisnadi
2. Pengembang Insfrastruktur dan Talenta Budaya Olahraga: Tony Wenas
3. Penggerak Budaya Tradisional: Nanda Widya
4. Penggerak Keberlanjutan Budaya dan Masyarakat: Nixon Napitupulu

5. Inovasi Wisata Budaya Lokal: Ricky Surya Prakasa
6. Pelestari Seni dan Budaya: Rina Ciputra Sastrawinata
7. Penggerak UMKM dan Ekonomi Kreatif: Anna Mariana
8. Pelestari Kuliner Nusantara: Ria Musiawan
9. Pegiat Seni egiat Seniman dan Budayawan: Addie Muljadi Sumaatmadja

B. Kategori Lembaga/Instansi

1. Pendidikan dan Promosi Budaya: Binus University
2. Inovasi Kultural dan Budaya: Garuda Indonesia
3. Bahasa dan Literasi: Angkasa Pura II
4. Keberlanjutan Lingkungan: Bank Mandiri
5. Pengembangan Pariwisata Budaya: Alam Sutera
6. Penggerak Kuliner Nusantara: Made’s Warung
7. Pelestari Warisan Budaya Nusantara: Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
8. Pelaku Kegiatan Sosial dan Budaya: PT Metropolitan Land Tbk
9. Seni & Pertunjukan Budaya Nusantara: Bank BCA

C. Kategori Favorit
1. Pemuda Peduli Budaya Nusantara: Pandawara Group

 

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan