Konsisten Kembalikan Ekosistem, Satgas Citarum Sektor 13 Rutinkan Aksi Bersih Sungai Dan Sosialisasi.

Purwakarta, MPN.

Peradaban manusia tidak bisa dilepaskan dari sumber air, salah satunya sungai yang dari jaman dahulu pemukiman manusia selalu berdekatan dengan aliran air.

Mengingat pentingnya peranan sungai, satgas sektor 13 sub 04 tidak pernah berhenti untuk mengajak masyarakat menjaga sumber kehidupan agar tidak tercemar sampah dan limbah.

Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso menyampaikan, sungai harus dirawat dengan baik, air sebagai sumber kehidupan jangan sampai tercemar oleh sampah ataupun limbah.

” Menjaga sungai merupakan tugas bersama baik itu satgas Citarum, masyarakat juga pemerintah, kelestariannya harus tetap terjaga,” ucap Dansektor 13.

Begitu pentingnya peranan sungai, Dansektor 13 mengintruksikan kepada seluruh jajaran satgas Citarum sektor 13 untuk terus melakukan pembersihan dengan melibatkan masyarakat.

Instruksi itu langsung dijalankan Dansub 04 Serka Sugiono, dirinya bersama relawan dan warga turun membersihkan sungai dari sampah, patahan ranting juga rumput liar yang tumbuh di bantaran sungai Cigalumpit Kampung Babakan Cantilan Desa Karoya Kecamatan Tegalwaru.

” Arahan Dansektor sangat jelas, lakukan pembersihan sungai sebagai bagian dari tugas satgas Citarum, selain itu juga melibatkan masyarakat setempat,” ungkap Serka Sugiono.

Menurut Dansub 04, selain aksi pembersihan sungai, satgas sektor 13 juga aktif memberikan sosialisasi jaga lingkungan kepada masyarakat di setiap kesempatan.

” Selain dengan dor to dor dengan mendatangi langsung balai pertemuan warga, satgas juga memberikan sosialisasi pada acara acara yang melibatkan masyarakat banyak, dan itu cukup efektif meningkatkan kesadaran warga,” ucap Serka Sugiono.

Bukti meningkatnya kesadaran warga lanjut Dansub 04, sampah yang diangkat sudah berkurang, dan warga sudah mau turun tanpa diminta.

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan