Cegah Erosi Dan Longsor Di Sungai Ciseuti, Satgas Sektor 13 Sub 06 Tanam Ratusan Vetiver.

Purwakarta, MPN.

Ratusan vetiver ditanam satgas Citarum sektor 13 Sub 06 di bantaran sungai Ciseuti Kampung Sukamaju Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru sebagai upaya antisipasi erosi.

Tanaman vetiver atau akar wangi mampu melindungi tanah dari erosi karena akarnya bisa mencapai kedalaman beberapa meter.

Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso melalui Dansub 06 Serka Agun menyampaikan, tanah bantaran sungai Ciseuti di Kampung Sukamaju sangat rentan terhadap longsor ataupun erosi saat turun hujan, Senin (3/06).

Selain menguatkan tanah lanjut Dansub 06, vetiver juga bisa memperbaiki kualitas air sungai Ciseuti, karena akarnya bisa menyerap racun.

Sebelum ditanami vetiver, tampak satgas Citarum bersama warga membersihkan terlebih dahulu bantaran sungai yang akan ditanami akar wangi dari tanaman liar.

Setelah melaksanakan penanaman, Dansub 06 Serka Agun selanjutnya menemui warga Kampung Ciseuti untuk berbincang dan menyampaikan tujuan dari program Citarum harum.

” Tadi saya sampaikan bahwa kita semua harus berupaya menjaga sungai Ciseuti dari kerusakan karena erosi dan pencemaran yang diakibatkan oleh sampah, kita sampaikan juga keuntungan menanam vetiver di bantaran sungai,” tutur Serka Agun.

Setelah diberikan edukasi tambah Serka Agun, kedepannya kami bersama warga akan kembali melanjutkan penanaman vetiver.

” Mereka tergerak untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian sungai yang selama ini menjadi sumber pengairan bagi sawah masyarakat,,” ucap Dansub 06.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan