LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL GABUNGAN DAN UPACARA BENDERA

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL GABUNGAN DAN UPACARA BENDERA

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (K) dr. Arie Widiyasa Sp.Og., MARS, Sp.Og(K).Obginsos. menggelar apel gabungan dan upacara bendera yang diikuti seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal III Jakarta bertempat di lapangan apel Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (03/06/2024).

Danlantamal III Jakarta dalam amanatnya yang dibacakan Kadiskes Lantamal III Jakarta mengatakan “Pada kesempatan yang baik ini, ada beberapa perhatian yang akan saya sampaikan sebagai pedoman dalam melaksanakan kedinasan sehingga kita dapat melaksanakan seluruh tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Berkaitan dengan Covid-19 sampai dengan saat ini pemerintah menetapkan Covid-19 adalah endemi artinya kita harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19. Endemi adalah wabah penyakit yang secara konsisten ada, tetapi terbatas pada wilayah tertentu, sehingga hal ini yang membuat penyebaran penyakit dan tingkat penularan dapat diprediksi serta virus tidak hilang sepenuhnya, hanya saja sudah lebih terkendali. Ada beberapa indikator pandemi bisa jadi endemi, antara lain meningkatnya kekebalan masyarakat melawan virus, menurunnya angka infeksi alamiah sehingga jumlah pasien dan angka kematian akibat virus menurun. Kita dituntut untuk mampu mengadaptasi atau menyesuaikan kebiasaan baru di mana pun kita berada, yaitu sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker jika sakit, istirahat cukup dan rajin olahraga, serta makan makanan bergizi seimbang”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta harus melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan (Urikkes). Kegunaan dari Urikkes adalah sebagai tindakan pencegahan dini dari berbagai penyakit yang mengganggu kondisi kesehatan secara perseorangan. Diharapkan apabila seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta dalam keadaan sehat maka mereka dapat melaksanakan tugas kedinasan dengan baik dan lancar. Adapun tujuan Urikkes adalah untuk menyiapkan personel yang selalu siap dalam penugasan dan memiliki kesehatan fisik yang prima, sehingga dalam melaksanakan tugas pokok dapat berjalan dengan baik dan optimal”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Danlantamal III Jakarta menekankan “Musim pancaroba akhir-akhir ini membuat kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat di berbagai daerah termasuk di Jakarta. Kita harus sama-sama untuk menyelesaikan DBD dengan melaksanakan 3 M yaitu menguras, menutup dan mengubur tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti jenis nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Jika mencurigai adanya gejala DBD pada diri kita atau orang-orang di sekitar kita, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan