Raker Bersama Dua Kementerian, Senator Maya Rumantir Beri Saran Terkait Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, mediapatriot.co.id  — Komite IV Dewan Perwakilan Daerah RI, Selasa (11/6/2024) menggelar Rapat Kerja dengan Menteri Keuangan RI dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI.

Agenda tersebut digelar di Ruang Rapat GBHN (Samithi I) Gedung Nusantara V MPR/DPR/DPD RI.

Raker tersebut membahas sejumlah hal terkait prospek pembangunan Indonesia di masa yang akan datang meski harus menghadapi berbagai tantangan eksternal maupun internal. Salah satu hasil yang paling dinanti ialah kebijakan-kebijakan terkait dengan pertumbuhan ekonomi.

Senator Maya Rumantir, yang juga merupakan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah RI, memberikan pandangannya terhadap strategi pertumbuhan ekonomi dalam Raker tersebut. Menurutnya, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, perlu adanya konsistensi dalam kebijakan ekonomi makro. “Kita perlu memastikan bahwa kebijakan yang diambil tidak hanya berdampak jangka pendek, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi,” ujar Senator Maya.

Selain itu, Senator Maya juga menyoroti pentingnya reformasi struktural untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, reformasi struktural yang mengatasi permasalahan fundamental di sektor ekonomi, seperti perundang-undangan yang mendukung investasi, akan menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tengah persaingan global. “Kita perlu memastikan bahwa lingkungan investasi di Indonesia semakin kondusif, sehingga dapat menarik lebih banyak investasi baik domestik maupun asing,” tambahnya.

Selain dari sisi kebijakan dan reformasi struktural, Senator Maya juga menekankan pentingnya untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap pengembangan SDM dan inovasi. “Investasi dalam SDM dan inovasi adalah kunci untuk meningkatkan daya saing ekonomi kita di era transformasi digital ini,” ungkap Senator Maya. “Kita perlu memastikan bahwa sumber daya manusia kita siap menghadapi perubahan teknologi dan mampu menciptakan inovasi yang dapat mengangkat sektor ekonomi kita ke level berikutnya.”

Raker bersama dua kementerian tersebut diharapkan memberikan arah yang jelas dalam perumusan kebijakan ekonomi ke depan, terutama dalam menghadapi tantangan-tantangan baru yang terus muncul. Partisipasi aktif dari anggota DPR maupun senator seperti Senator Maya Rumantir diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah, DPR, dan Dewan Perwakilan Daerah, diharapkan Indonesia dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang semakin kokoh dan berdampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat.

Seiring berjalan waktu, tentu akan menjadi jelas bagaimana upaya-upaya yang dilakukan dalam rapat kerja tersebut dapat diimplementasikan ke dalam kebijakan nyata yang akan menentukan arah pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Dengan demikian, prakarsa rapat kerja bersama dua kementerian ini menjadi langkah awal dalam membahas hal-hal yang penting terkait dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semoga upaya-upaya tersebut dapat memberikan hasil yang positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara luas. (Redaksi)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan