Bersihkan Bantaran Dari Sampah, Satgas Sektor 8 Sub 03 Ubah Lahan Tidur Jadi Area Hanpangan.

Kab Bandung, MPN.

Lahan bantaran Citarum yang berada di sektor 8 sub 03 Kampung Daraulin Desa Nanjung sangat potensial untuk dijadikan lahan pertanian sebagai pendukung ketahanan pangan.

” Setiap bantaran Citarum yang datar dan tidak menimbulkan erosi, akan ditanami sayuran dengan jangka panen yang pendek, sementara bantaran yang miring atau curam akan kita tanami pohon keras sebagai penguat bantaran,” ujar Dansub 03 Serka Toto Karta, Kamis (13/06).

Menurut Dansub 03, lahan tidur ini sudah beberapa kali ditanami berbagai jenis sayuran, dan hasilnya sangat baik.

” Sebagai penyubur tanah kita gunakan pupuk organik, tapi sebelum diberi pupuk, tanahnya dipilah terlebih dahulu agar tidak bercampur dengan plastik,” tutur Serka Toto Karta.

Ditambahkan Dansektor 8 Kolonel Arm Edward Francis melalui Bamin Sektor Peltu Aseng, memanfaatkan lahan tidur di bantaran bisa menambah penghasilan warga yang tinggal disekitar sungai Citarum.

” Potensinya besar, kita akan upayakan masyarakat atau kelompok tani untuk ikut menggarap, apabila bantaran ditanami sayuran secara otomatis para petani juga akan turut menjaga bantaran citarum dari sampah, karena mereka akan menjaga kebunnya,” tutur Peltu Aseng.

Beberapa jenis sayuran yang akan ditanami diantaranya jagung manis, bayam, kangkung, sawi serta burkol, jenis tersebut jangka tanamnya pendek.

” Diharapkan dapat membantu masyarakat petani yang tidak mempunyai lahan garapan untuk bertani secara mandiri dan berkelanjutan, hal ini sebagai upaya mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan petani,” tutup Peltu Aseng.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar