Gelar Aksi Bersih Bersih, Satgas Sektor 13 Ingatkan Warga Tidak Buang Sampah Ke Sungai.

Purwakarta, MPN.

Anggota satgas Citarum sektor 13 sub 04 bersama warga gotong royong turun ke sungai Cigalumpit di Kampung Cikatul Desa Karoya Kecamatan Tegalwaru, Rabu (19/06).

Aksi satgas Citarum dan warga sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan menciptakan sungai Cigalumpit bersih juga sehat serta bebas dari pencemaran.

Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso menyampaikan bahwa aksi pembersihan sungai dari sampah yang dilakukan anggotanya sebagai upaya menjaga ekosistem dan meningkatkan kepedulian masyarakat.

” Keterlibatan masyarakat dalam menjaga sungai sebagai sumber kehidupan sangat penting, program Citarum kedepannya akan lebih banyak melibatkan peran serta masyarakat,” ucap Dansektor 13.

Ditambahkan Dansub 04 Serka Sugiyono, aksi bersih bersih sungai dilakukan dari pagi, dilanjutkan dengan komunikasi sosial (komsos) terkait program Citarum harum.

Menurut Serka Sugiyono, sampah yang berhasil diangkat berbagai jenis seperti patahan ranting, botol mineral, plastik bahkan ada juga Pampers.

” Ranting pohon kita kumpulkan di bantaran sungai, sementara sampah lainnya kita masukan ke dalam karung untuk dipilah dan sisanya dimusnahkan,” ungkap Dansub 04.

Dansektor 13 Kolonel Arh Suroso terus mengintruksikan selain melakukan pembersihan sungai, juga harus rutin menggelar sosialisasi di wilayah yang dilakukan kegiatan.

” Tujuannya agar kesadaran warga meningkat, harapan kami tentu dengan melibatkan masyarakat langsung, pola pikir mereka dalam menjaga lingkungan secara tidak langsung akan terbentuk,” tuturnya.

Budaya malu membuang sampah lanjut Serka Sugiyono akan muncul, sehingga pencemaran sungai bisa diatasi.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan