Program Kampanye Germas Dan Prodelis Di Kecamatan Petasia Timur, Sukses Digelar

Morowali Utara, Mediapatriot.co.id – Berbagai program inovasi Pemerintah Daerah Morowali Utara, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera atau yang biasa di kenal dengan sebutan SCS, hari ini terlaksana tepatnya di Desa Molino, Kecamatan Petasia Timur, Kamis (20/6/2024).

Program Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Morowali Utara dan Lintas Sektoral terkait dalam peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat pertama kali terlaksana di Desa Molino.

Kegiatan kampanye kesehatan ini diawali dengan senam bersama seluruh masyarakat yang hadir dilapangan sepak bola Desa Molino, senam bersama ini dipandu langsung oleh bintang tamu dari Makassar Zin Riska Spaer.

Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS usai melaksanakan senam bersama dan undian berhadiah memberikan sambutan dan menyampaikan senam sehat yang terlaksana hari ini adalah upaya mempertahankan kebugaran tubuh dengan olahraga, olaharaga penting dalam menjaga kesehatan.

“Hidup sehat sangat penting, kita menjaga agar tubuh tetap sehat dengan berkegiatan fisik seperti olahraga yang telah kita laksanakan, menjaga pola makan sehat, menjaga lingkungan dan jamban yang sehat, serta memeriksa kesehatan dengan teratur. “jelas Bupati Delis.

Bupati Delis juga menjelaskan selain Program Germas, terlaksana juga pelayanan Program Dokter Spesialis Lintas Desa (ProDelis) yang merupakan terobosan inovasi terbaru dimana para Dokter Spesialis yang biasanya hanya ada di RSUD Kolonodale kali ini melaksanakan pelayanan di Puskesmas Molino dengan harapan mempermudah akses masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan ke Dokter Spesialis.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan pada balita kategori stunting oleh Bupati Delis dan Ketua TP-PKK Morut Ny. Febriyanthi H.D.J, S.Si, Apt serta jajarannya, pemberian makanan tambahan ini diharapakan bisa mencegah dan menekan pertumbuhan angka stunting pada anak yang ada di Kabupaten Morowali Utara.

Delis juga menyampaikan permasalan stunting jika ditangani dengan serius dan kemauan yang tinggi bisa dengan mudah dicegah dengan memberikan asupan dan gizi yang cukup, ketika sakit diperiksa dan ditangani dengan cepat agar pertumbuhan anak menjadi stabil dan normal.

“Kesadaran orang tua akan kebutuhan gizi sangat penting untuk pertumbuhan anak, kita semua harus bekerjasama, mari kita semua terlibat untuk mengatasi stunting dan tunda pernikahan dini serta pentingnya penerapan KB. ” jelasnya.

Selain program Germas dalam bidang pelayanan kesehatan dan ProDelis untuk pelayanan Dokter Spesialis, terdapat juga pelayanan KB gratis, gerakan sekolah sehat dan sosialisasi pendidikan, seluruh program ini merupakan pelayanan yang sangat ditunggu oleh masyarakat di Kecamatan Petasia Timur terlihat dari antusias seluruh warga yang sangat ramai hadir dalam kegiatan.

Hadir mendampingi Bupati Morut, Ketua TP-PKK Morut Ny. Febriyanthi H.D.J, S.Si, Apt, Staf khusus Bupati Drs.Victor A.Tamehi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Krispen Hebret Masu, S.STP, M.Si, Polsubsektor Petasia Timur, Danramil dan sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut dan Camat Petasia Timur Mustatin, S.E.

(Ardian Waeo)

Sumber : Diskominfo Morowali Utara