LANTAMAL III JAKARTA HADIRI SEMINAR NASIONAL SEJARAH TNI ANGKATAN LAUT DALAM PENYELESAIAN KONFLIK LAUT NATUNA UTARA DAN PAPUA

LANTAMAL III JAKARTA HADIRI SEMINAR NASIONAL SEJARAH TNI ANGKATAN LAUT DALAM PENYELESAIAN KONFLIK LAUT NATUNA UTARA DAN PAPUA

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. menghadiri seminar nasional TNI Angkatan Laut dengan tema “Perspektif Historis Indonesia dalam Penyelesaian Konflik Laut Natuna Utara dan Papua” yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc. mewakili Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bertempat di gedung Balai Samudera Jl. Boulevard Barat Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (08/072024).

Kasal dalam sambutannya yang dibacakan Wakasal mengatakan “Sejarah bagaikan cermin menampilkan perjalanan panjang sebuah bangsa. Sejarah mengawali suatu peradaban bangsa. Sejarah meneguhkan identitas bangsa. Mempelajari sejarah masa lalu atau historical study akan memberikan pemahaman, pandangan dan pelajaran penting untuk menemukan solusi terhadap permasalahan yang terjadi saat ini. Melalui sejarah, kita dapat mengidentifikasi pola dan tren terhadap suatu perkembangan situasi. Sejarah memberikan pembelajaran dari suatu kegagalan baik dalam suatu konflik, krisis, ataupun kebaikan. Sejarah juga mampu memahami akar permasalahan dari suatu kejadian dan tentu sejarah dapat menunjukkan strategi yang berhasil di masa lampau”.

Selanjutnya Kasal mengingatkan “Pada seminar nasional ini, kita akan berdiskusi dan bertukar pikiran serta mencari solusi bersama dari permasalahan yang terjadi di Laut Natuna Utara maupun Papua melalui tinjauan sejarah. Oleh karena itu, melalui kegiatan seminar ini, TNI Angkatan Laut menggugah sumbangsih dari seluruh komponen untuk turut berperan aktif dalam upaya kolektif menjaga kedaulatan serta keutuhan wilayah Indonesia”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar