Di Titik Nol Citarum, Bupati Bandung Melantik Dadi Wardiman Jadi Direktur Operasional PDAM Tirta Raharja

Kab Bandung, Mediapatriot.co.id

H. Dadi Wardiman secara resmi dilantik Bupati Bandung Dadang Supriatna untuk menempati posisi strategis pada Direktur Operasional PDAM Tirta Raharja di Situ Cisanti Desa Tarumajaya, Senin 21 Juli 2025.

📲 Simak Berita Terpercaya Langsung di Ponselmu!

Ikuti MediaPatriot.CO.ID lewat WhatsApp Channel resmi kami:
👉 Klik di sini untuk bergabung

Sebelum pelantikan, dilaksanakan Opening Kegiatan Aksi Nyata PNS Peduli Pengendalian Perubahan Iklim melalui Gerakan Peduli Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Kesayangan (GEPAK Sayang).

Bupati Bandung sendiri melaksanakan penanaman pohon usai memimpin pelantikan yang melibatkan 385 ASN di lingkungan Pemkab Bandung.

Di waktu yang bersamaan, Bupati Dadang Supriatna juga melaksanakan pelantikan Dadi Wardiman menjadi Direktur Operasional PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

Usai dirinya dilantik, Direktur Operasional PDAM Tirta Raharja H. Dadi Wardiman mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan langkah-langkah strategi dan program kerja untuk pengelolaan operasional pelayanan kepada para pelanggan PDAM Tirta Raharja.

Dadi Wardiman berusaha untuk melakukan upaya peningkatan efisiensi operasional, yaitu yang pertama dengan cara melakukan pemanfaatan idle capacity.

Langkah kedua, dirinya akan mengoptimalisasi dan pemeliharaan operasional infrastruktur SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) untuk pemenuhan 4K (Kualitas, Kontinuitas, Kuantitas, dan Keterjangkauan).

Sedangkan langkah ketiga, meningkatkan kehandalan sistem monitoring supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) di infrastruktur SPAM.

Terakhir langkah keempat, penguatan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) teknis berbasis kompetensi.

Strategi dan program lainnya yang akan dilakukan oleh Dadi Wardiman, yakni melakukan upaya penurunan air tak berekening/non revenue water.

Kebijakan yang akan diambil pertama, manajemen tekanan. Kedua, pemantauan District Meter Area (DMA). Ketiga, pencegahan dan perbaikan kebocoran. Keempat, rehabilitasi jaringan pipa. Kelima, monitoring dan evaluasi terhadap pelanggan eks bongkar. Keenam, evaluasi pemakaian air 0 m3 dan ilegal connection. Ketujuh, monitoring dan evaluasi ganti meter pelanggan, akurasi pembacaan meter, pengecekan anomali pemair, dan rehab konstruksi sambungan pelanggan.

Lebih lanjut Dadi Wardiman mengungkapkan strategi dan program kerja lainnya, yaitu peningkatan kualitas/mutu layanan kepada para pelanggan.

Program pertama, evaluasi golongan tarif pelanggan/klasifikasi pelanggan. Kedua, meningkatkan kerja sama untuk kemudahan pembayaran rekening. Ketiga, pengembangan mobile apps. Keempat, monitoring dan evaluasi update data induk langganan.

Sementara program kelima, meningkatkan penerapan Customer Relationship Management (CRM). Keenam, meningkatkan komunikasi informasi dan edukasi kepada pelanggan untuk hidup lebih bersih dan sehat. Ketujuh, menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Untuk program kedelapan, meningkatkan metode pemasaran, seperti digital marketing dan direct selling. Sembilan, meningkatkan respon pengaduan pelanggan dan terakhir Kesepuluh, pelatihan softskill untuk petugas lapangan.

Strategi dan program kerja lainnya, disebutkan Dadi Wardiman optimalisasi penggunaan digitalisasi dan transformasi operasional.

“Mulai dari pengembangan dashboard operasional harian petugas dan integrasi data operasional dengan sistem lainnya,” katanya.

**




Wartawan di lapangan dibekali Kode Sandi untuk membuka DAFTAR WARTAWAN Dibawah ini:DAFTAR WARTAWAN>>>

Komentar