Mei Jenni : Pemilihan Putri Pariwisata Adalah Atraksi yang Bertujuan Melestarikan Sekaligus Promosi Seni dan Wisata Daerah (Berita MPI)

oleh

Padangsidimpuan MPI –
Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Padangsidimpuan menyelenggarakan pemilihan Puteri Pariwisata Kota Padangsidimpuan 2020 bertempat di kebun wisata Batang Bahal, Kec. Padangsidimpuan Batunadua, (Sabtu/31/10/2020).

Plt Kadis Pariwisata Kota Padangsidimpuan Mei Jenni Harahap MM, melaporkan dasar pelaksanaan yaitu surat keputusan Wali Kota No:488/KPTS/2020 Tanggal 23 Oktober 2020 Tentang Susunan Panitia Pelaksana Kegiatan, Pemilihan Putri Pariwisata Kota Padangsidimpuan.

Perlu di ketahui ajang pemilihan putri pariwisata adalah atraksi wisata yang bertujuan melestarikan wisata daerah, sekaligus sarana potensi pengembangan bakat, kreatifitas, kecerdasan para generasi muda menjadi figur yang dapat berperan mempromosikan kekayaan seni dan wisata, serta menghilangkan citra sebagai pelengkap kegiatan atau sebagai pajangan saja.

Mei Jenni juga menambahkan, “Melalui ajang ini para finalis putri pariwisata dapat memilih disiplin, dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi untuk membatu pemerintah daerah dalam memamerkan dan mempromosikan keanekaragaman wisata daerah kepada wisatawan, selain harus mampu mempromosikan wisata daerahnya, putri priwisata juga harus mampu mengajak warga menjaga wisata hidup bersih, indah dan ertib, yang ahirnya menghasilkan masyarakat bersih, bermoral, dan bermental baik. disamping itu pemilihan putri pariwisata juga diharapkan dapat menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda dalam menjalankan peran dan fungsinya di tengah masyarakat”, Paparnya.

Sebanyak 29 orang peserta hasil seleksi awal yang dilangsungkan sejak kemarin.
Pada Grand Final pemilihan putri pariwisata tersebut dihadiri wawako Ir. Arwin Siregar, Wakil Ketua PKK Ny. Linda Arwin Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Letnan Dalimunthe beserta jajaran.

Wawako Arwin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara dimaksud sebagai ajang mengasah kemampuan, bakat, ketrampilan dan ekspresi potensi diri bagi puteri-puteri cantik Kota Padangsidimpuan.

“ selamat atas penyelenggaraan pemilihan putri pariwisata. Kegiatan ini juga, bisa membawa dampak yang sangat baik bagi dunia pariwisata “ Ujar Wawako.

Dijelaskan Wawako bahwa, salah satu tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan pemilihan puteri pariwisata sebagai media untuk mengkampanyekan sapta pesona serta peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang kepariwisataan di Kota Padangsidimpuan dan memberikan ruang kepada para remaja puteri yang memiliki potensi, bakat dan kompetensi untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan dunia kepariwisataan di daerah.

Di 10 besar, finalis putri pariwisata Padangsidimpuan 2020 harus menjalani sesi menjawab pertanyaan dari dewan juri. Sesi menjawab pertanyaan ini menjadi serangkaian penilaian yang dilakukan dewan juri.

Setelah dewan juri merampungkan penilaian, akhirnya terpilih finalis yang menyandang gelar Putri Pariwisata Padangsidimpuan 2020. Peringkat pertama adalah Khairunnisa Nasution dengan perolehan nilai 434, peringkat kedua Salsabila Ananda dengan perolehan nilai 423, peringkat ketiga Amelia Putri dengan nilai 405, peringkat keempat diraih Aisah Salwa dengan nilai 375, peringkat kelima Mutiara Try dengan nilai 363 dan peringkat keenam diraih oleh Febry Wardani dengan perolehan nilai 359.

Usai kegiatan tersebut Putri Pariwisata Padangsidimpuan 2019 Rezzi Angriani Lubis mengucapkan selamat kepada Khairunnisah yang sudah terpilih menjadi Putri Pariwisata Kota Padangsidimpuan 2020.

“Saya berharap kepada Putri Pariwisata Kota Padangsidimpuan 2020 sebagai ikon dari kota sidimpuan agar mempromosikan wisata lebih baik lagi , apalagi ditengah” pandemi covid-19 yang bisa dibilang sangat merugikan atau berpengaruh terhadap sektor pariwisata di Indonesia khususnya kota padangsidimpuan”, ungkapnya.

Rezzi juga menambahkan bahwa mempromosikan atau mengenalkan budaya yang ada di kota Padangsidimpuan bisa dari berbagai media, termasuk lewat sosial media, jangan sampai puas dengan hasil yang didapat karena perjuangan masih baru dimulai.

“Saya percaya bahwa Putri Pariwisata Padangsidimpuan mampu untuk mempromosikan wisata di Kota Padangsidimpuan lebih baik lagi, tutupnya.