BAWASLU Harap Aparatur Bersinergi Dalam Pengawasan PEMILUKADA Sukabumi 2020
(Berita MPI)

SUKABUMI -Bawaslu Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020. Sosialisasi di selenggarakan di Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu dengan menerapkan Standar Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19, Selasa (22/09/2020).

Dalam laporannya anggota Bawaslu Kabupaten Sukabumi Kordiv Hukum, Data dan Informasi, Deden Taufik menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Sukabumi diberi kewenangan untuk melakukan pengawasan pemilu, pencegahan pelanggaran dan penindakan hukum.

“Dengan diadakannya sosialisasi partisipatif ASN ini, diharapkan para ASN sebagai figur didaerahnya masing-masing dapat turut membantu Bawaslu dalam upaya pengawasan pemilu dan pencegahan pelanggaran pada pilkada Kabupaten Sukabumi 2020,” jelasnya.

Sementara, ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto mengungkapkan bahwa dalam upaya antisipasi pelanggaran, Bawaslu mengadakan sosialisasi regulasi tentang netralitas ASN, karena ASN memiliki kode etik untuk menjaga kondusifitas pilkada dengan cara netral.

“Sesuai UU. No 10 Tahun 2016 Pasal 71 disebutkan bahwa pejabat negara, pejabat daerah, TNI/POLRI, ASN dan kepala desa harus menjaga netralitas dan tidak diperkenankan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, tidak diperkenankan melakukan rotasi dan tidak diperkenankan menggunakan dana hibah/bansos untuk dimanfaatkan dengan unsur politik. Di Junto 188, jika pasal 71 tersebut dilanggar, maka akan diancam pidana,”terangnya.

Teguh Hariyanto menambahkan Bawaslu Kabupaten Sukabumi telah melakukan upaya pencegahan pelanggaran dengan memerintahkan pengawas tingkat adhoc, Kecamatan dan PKD untuk melakukan pemetaan kerawanan diwilayah pengawasannya masing-masing.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kinerja, Disiplin dan Penghargaan pada BKPSDM Kabupaten Sukabumi Sugiharto, yang mewakili unsur pemerintah daerah kabupaten Sukabumi menyebutkan bahwa BKPSDM menyampaikan informasi kepada para ASN terkait surat keputusan bersama dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementrian Dalam Negeri, Bawaslu dan BKN terkait dengan pengawasan netralitas pada pilkada 2020.

“Tentu saja kami berharap Pilkada kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan kondusif, tertib dan damai.”

Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu Kabupaten Sukabumi sudah menyiapkan Deklarasi Netralitas ASN yang akan segera ditandatangani antara Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan