oleh

Bersama Masyarakat, Babinsa Totikum/Tosel Koramil 1308-10/Salakan Gotong Royong Dalam Pembangunan Masjid Al-Hijrah (Berita MPI)

BANGGAI KEPULAUAN, MPI_Babinsa Totikum/Totikum Selatan (Tosel) Koramil 1308-10/Salakan, Serma J. Ferry, para pengurus Masjid Al-Hijrah, Dusun I Desa Kalumbatan, Kecamatan Tosel, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Rabu (11/11), bergotong royong dalam pembangunan total Masjid.

Masjid Al-Hijrah yang berdiri sejak tahun 2000 dan berkapasitas 500 jamaah. Masjid ini merupakan Masjid pertama yang dibangun di Desa Kalumbatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkep pasca terjadinya bencana alam gempa bumi tectonic pada tahun 2000 silam.

Namun, seiring dengan berkembangnya pertumbuhan penduduk, pada tahun 2008, di Desa Kalumbatan kembali dibangun Masjid baru, yakni mesjid Al-Bahri, yang berada di Dusun 8 Desa Kalumbatan. Masjid ini berkapasitas 400 jamaah.

Kepada awak media ini, Serma Ferry menuturkan pelaksanakan pembangunan total kembali Masjid Al-Hijrah ini juga dikarenakan adanya pertumbuhan penduduk yang semakin pesat hingga mencapai 2000 KK.

“Masjid Al-Hijrah saat ini hanya bisa menampung 500 jamaah. Untuk itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalumbatan melakukan pembangunan total kembali Masjid agar bisa menampung sekitar 1000 jamaah,” ungkap Danpos Kecamatan Totikum/Tosel ini melalui sambungan whatsapp, Kamis (12/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemdes Kalumbatan merencanakan akan menjadikan Masjid Al-Hijrah Masjid terbesar di pusat Kecamatan Tosel.

“Masjid ini direncanakan menjadi Masjid Akbar Al-Hijrah, yakni Masjid terbesar di pusat Kecamatan Tosel. Kerja bakti bergotong royong oleh Babinsa bersama masyarakat dilakukan selain melaksanakan Komunkasi Sosial (Komsos), juga untuk menjalin silaturahim sekaligus mempererat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Koordinator Penggalangan Dana Pembangunan Masjid Al-Hijrah, Kipang B. Moher, menguraikan proses pembangunan kembali secara total Masjid Al-Hijrah sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Oktober 2020 dengan secara gotong royong dari masyarakat Desa Kalumbatan.

Sedangkan untuk anggaran pembangunan berasal dari dana swadaya masyarakat dan sejumlah donatur yang ada di wilayah Kecamatan Tosel.

Ketua BPD ini menambahkan peletakan batu pertama pembangunan mesjid Al-Hijrah dilaksanakan pada Seni (09/11) oleh Ketua Panitia Pembangunan Masjid, H. Zakaria Kamindang, yang merupakan mantan Bupati Bangkep.(dewi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed