Berita TNI :Kenalkan Hanjeli ke Satradar 216 Cibalimbing, Asep "Ingin Jadi Khas Sukabumi dan Pusat Edukasi Hanjeli"

SUKABUMI,MPI- Hanjeli (Coix lacyma-Jobi L.) merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian tropis dari suku padi-padian atau Poaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Timur dan Malaya, namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Hanjeli adalah nama popular di daerah Jawa Barat (Sunda), sedangkan nama popular Indonesia adalah Jali atau Jali-jali.

Tanaman hanjeli pun tumbuh di Wilayah Kabupaten Sukabumi salah satunya di Kecamatan Waluran, di tangan Asep Hidayat Mustopa, tanaman Hanjeli di olah menjadi aneka olahan makanan, selain diolah sebagai pengganti nasi dan bubur, hanjeli juga di olah oleh Asep menjadi makanan cemilan seperti rengginang, peuyeum,Tepung Hanjeli dan Rencananya hingga Yogurt Hanjeli.

Produk olahan hanjeli yang di buat asep ini mampu mendatangkan wisatawan lokal ataupun manca negara seperti dari Jepang, Akita Univesity dan juga Prof Asahi dari Izu peninsula Geopark serta wisatawan dari Australia.

“Awalnya di Waluran ada sekitar setengah hektar tumbuh tanaman hanjeli, namun masih tersebar di beberapa tempat, dan kami mulai menanam sekitar 2-3 hektar saat ini” ungkap Asep saat ditemui
di Komplek TNI AU Satrad 216 Cibalimbing Surade pada acara Pengenalan pangan lokal Kepada TNI, Kamis (23/11/ 2020)

Dalam acara tersebut asep mengenalkan Pangan lokal Hanjeli kepada Komandan Satrad 216 Cibalimbing dan Dispen AU RI sebagai ketahanan pangan lokal yang patut dikembangkan secara serius.

“Apresiasi dari Komandan Satrad 216 Cibalimbing dan ditindak lanjuti dengan Kerjasama untuk uji coba penanaman hanjeli sekitar 1 hektar dan jika hasilnya bagus akan ada penambahan area, yang menjadi Binaan Satrad 216 Cibalimbing,” tambahnya.

Asep sangat antusias mengenalkan Hanjeli kepada Seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya dalam kegiatan kegiatan UMKM, Asep juga kerap menawarkan produknya melalui kegiatan kegiatan online dan memanfaatkan media sosial atau media lainnya sebagai bahan promosi.

“Mengenalkan hanjeli merupakan bagian dari mimpi kami.Cita cita kami bagaimana Hanjeli menjadi makanan ciri khas Sukabumi dan menjadi pusat edukasi Hanjeli,” ucapnya.

” Hanjeli ini bagian dari Bio Diversity yang berada dikawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark ( CPUGG ),” pungkas Asep.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan