oleh

JSI Beberkan Penyebab Kemenangan ATFM Dari Petahana (Berita MPI)

BANGGAI, MPI_Konsultan politik nasional, Jaringan Suara Indonesia (JSI), mengungkapkan beberapa hal yang menyebabkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banggai nomor urut dua, Amir Tamoreka-Furqanuddin Masulili, meraih kemenangan pada Pilkada Kabupaten Banggai 2020.

Hal ini berdasarkan analisis dari survey dan hitung cepat (quick count) yang digelar oleh JSI sebelumnya.

Manajer strategi dan operasional JSI, Nursandy Syam, mengatakan ada tiga faktor kemenangan pasangan berakronim AT-FM, yakni pesona, politik identitas dan migrasi suara.

“Ada tiga faktor yang menyebabkan Paslon AT-FM menang pada pesta demokrasi pilkada serentak Banggai 2020, yakni pesona kandidat, politik identitas dan migrasi suara,” ungkap Sandy, sapaan akrabnya, kepada awak media ini melalui sambungan telepon, Rabu (16/12).

Lebih lanjut ia menuturkan pesona AT-FM menjadi kekuatan yang memikat suara pemilih mayoritas. Amir Tamoreka hadir sebagai new comer (pendatang baru) yang menawarkan harapan Banggai lebih baik.

“Success story sebagai pengusaha sukses, rendah hati dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi merupakan nilai-nilai kepribadian yang disukai mayoritas warga pemilih. Magnet politiknya ikut diperkuat dengan keberadaan Furqanuddin yang kaya pengalaman dalam pemerintahan,” lanjutnya.

Ia menambahkan pengaruh politik identitas, pasangan AT-FM merupakan putra daerah yang religius. Kombinasi pasangan itu saling melengkapi secara geopolitik.

“AT mewakili dapil IV dan FM dari dapil II. Hal itu terlihat dari signifikannya dukungan suara AT-FM dari Dapil II dan IV,” tambahnya.

Ia menguraikan paslon ini berdasarkan hitung cepat JSI berhasil menarik suara sebanyak 41,10 persen di dapil II dan 49,89 persen di dapil IV. Terakhir terjadinya migrasi suara pada dua minggu sebelum Pilkada.

Sementara itu, lanjutnya, survey terakhir JSI menunjukkan terdapat 20,7 persen suara yang belum memutuskan. Saat itu elektabilitas AT-FM  30,9 persen. Sementara hasil quick count JSI pasangan AT-FM meraih 43,91 persen. 

“Artinya pasangan AT-FM berhasil merebut suara mengambang secara signifikan. Hal disebabkan oleh mesin partai dan jaringan relawan yang dimiliki pasangan AT-FM lebih solid dan militan dalam meyakinkan pemilih,” tutupnya.

Sekedar diketahui, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Tahun 2020 telah dilaksanakan. Paslon AT-FM berhasil keluar sebagai pemenang.

Dimana perolehan suara masing-masing paslon, yakni nomor urut 1, HATIMU dengan 49.082 suara, nomor urut 2, AT-FM dengan 88.011 suara, dan nomor urut 3, Winstar dengan 64.361 suara.(Ramly/Dewi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed