oleh

Apa Kabar Puskesmas Cimuning, Warga: Kapan Dibangun?

Kota Bekasi, MPI
Ada obrolan yang terdengar miris dari kalangan warga saat datang ke Puskesmas Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, untuk berobat. Obrolan itu tak lain terkait kondisi bangunan Puskesmas yang sudah sangat memprihatinkan.

Obrolan tersebut kembali terngiang ketika Kantor Kelurahan Cimuning menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk merumuskan program pembangunan di tahun 2022 mendatang. Sontak saja perhatian para peserta Musrenbang tertuju kepada usulan pembangunan Puskesmas Cimuning yang sampai saat ini belum terealisasi.

Padahal berdasarkan info, rencana pembangunan Puskesmas Cimuning masuk dalam program 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi. Kenyataannya hingga saat ini, bangunan Puskesmas yang pernah disebut layak ‘kandang bebek’ ini tetap tidak berubah, alias masih seperti yang dulu.

Saat dikonfirmasi seusai mengadakan Musrenbang, Rabu (21/1), Lurah Cimuning Muhamad Martam mengakui usulan pembangunan Puskesmas Cimuning tetap menjadi skala prioritas. “Masih tercatat dalam rekapitulasi usulan pembangunan untuk tahun 2022, dan menjadi bagian dari prigram 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi,” ujarnya.

Menurut Martam, bangunan Puskesmas Cimuning sudah berdiri sejak 1998 saat status wilayah masih desa. “Saat itu statusnya masih Pustu atau Puskesmas Pembantu, dan belum lama ini ditubgkatkan statusnya menjadi Puskesmas,” katanya menambahkan.

Martam mengakui desakan agar Pemkot Bekasi segera merealisasikan pembangunan Puskesmas Cimuning disampaikan para pengurus RT dan RW serta lembaga mitra oenerintahan yang ada di lingkungan Kelurahan Cimuning. “Para pengurus RT dan RW menyampaikan pertanyaan warga, kapan Puskesmas dibangun,” ujarnya.

Selain Puskesmas, Martam menyebut beberapa usulan lain yang belum juga terealisasi, meski sudah menjadi skala prioritas. “Salah satunya bangunan untuk SMPN 48 yang sampai saat ini masih menumpabg di gedung SDN Cimuning I,” ulas dia.

“Usulan lain adalah penataan pagar Kantor Kelurahan Cimuning. Bagaimana pun warga tentu akan bangga jika memiliki kantor pelayanan yang megah dan enak dipandang mata,” papar Martam.

Lebih lanjut, Martam menyatakan pihaknya akan terus mengawal usulan-usulan tersebut melalui kegiatan Musrenbang yang akan dilaksanakan di tingkat Kecamatan Mustikajaya dan Kota Bekasi nanti. “Semoga usulan tersebut bisa terealisasi dan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan dan kemajuan wilayah Kelurahan Cimuning,” harapnya. (Mul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed