Perwujudtan kota Padangsidimpuan Yang Sejahtera, OPD Harus Lebih Energik Walau Situasi Pandemi (Berita MPI)

Padangsidimpuan MPI -Rancangan Awal RKPD kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 degan mengusung tema ” Perwujudtan kota Padangsidimpuan Yang Sejahtera”. Yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Mega Permata kota Padangsidimpuan, Rabu 10 Februari 2021.

Kepala Baperlitbang Kota Padangsidimpuan M Jusar Nasution dalam laporannya di acara Konsultasi Publik memaparkan.

“konsultasi Publik ini direncanakan menjadi tahapan formal yang adanya menjadi bagian integral dari penyusunan RKPD Tahun 2022. Dengan demikian gagasan-gagasan yang muncul dalam forum konsultasi Publik ini, untuk setiap OPD bisa mengaplekasikannya akan kami rekam dan tangkap dari Bappeda sebagai gagasan baru, gagasan lanjutan dan kontinitas pembangunan.”

“Kemudian gagasan-gagasan yang muncul dari setiap stakeholder kami berharap bisa pula sinkron dengan visi misi kota Padangsidimpuan dan menjadi rancangan berkelanjutan di tahapan-tahapan berikutnya untuk bisa diisi nanti di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 dan merupakan bahan baku RKPD 2022 yang nanti ditetapkan.”

Dikatakan M Jusar, kegiatan tersebut diikuti seluruh kepala OPD dan stakeholder lainnya. Sedangkan rencana kita melibatkan para kasubbag-kasubbag perencanaan dalam forum ini diurungkan karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 kita harus mematuhi Prokes.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH saat membuka resmi kegiatan menyampaikan beberapa hal kepada Pimpinan OPD se- kota Padangsidimpuan, pertama bagaimana kita lebih maksimal jangan ditahun yang lalu mengoper rancangan awal RKPD 2022. Dan kalau apa yang kita peroleh pada RKPD ini tidak lebih sempurna dari pada tahun yang lalu, maka Esesin dari pelaksanana konsultasi publik kita akan kehilangan nilai nilainya, ujar Irsan dengan tegas.

Kemudian Irsan Efendi Nasution mengatakan, “Forum konsultasi publik ini seyoganya bisa mengakhiri perdebatan di ruang ruang publik di Padangsidimpuan karena seyoganya konsultasi publik ini akan melahirkan ide dan gagasan” Tandas Walikota dengan nada perintah.

Disamping itu kepada pimpinan OPD, Walikota menegaskan agar memulai juga memotret di OPD masing masing terhadap bukan hanya rencana kerja tahun 2022 tetapi juga bagaimana tahun ini disatu sisi kita harus melaksanakan kegiatan tahun 2021 tetapi simultan atau Varalel dengan itu bagaimana kita serius mengikuti seluruh kalender perancanaan tahun 2022.

Kita saat ini kita berada pada pandemi covid-19 yang tidak bisa kita perkirakan kapan berakhirnya yang secara langsung berdampak rutinitas kita, finansial yang kita miliki, kemampuan keuangan daerah yang akhir akhir ini kita ketahui bersama.

Dengan begitu perencanaan inilah yang bisa kita lakukan epektif, agar mana yang menjadi skala prioritas bagi RKPD bisa kita lakukan dengan baik. Karena kita pahami sepenuhnya dana transfer dari pemerintah pusat itu pada diseluruh daerah diseluruh indonesia akibat pendapatan negara yang terkuras sangat signifikan itu sangat terasa bagi daerah, disamping dana alokasi yang alokasinya di dua tahun terakhir ini termasuk di tahun ini sangat terbatas. seperti tahun kemarin banyak kegiatan yang dihentikan karena keuangan negara kita sangat berkurang.

Terkait itu semua Walikota Irsan menyampaikan kepada seluruh pimpinan OPD yang akan menerjemahkan di masing masing tugas pokok dan fungsi (tufoksi), apa yang akan dihasilkan konsultasi publik ini nanti, ditegaskan agar lebih energik, sinergik dan lebih bisa menatap, walau keuangan kita berkurang tapi bagaimana seluruh kepentingan masyarakat itu bisa kita akomodasi, tegasnya.

Pantauan, pada kegiatan tersebut selaku Narasumber kepala BPS kota Padangsidimpuan Hafsyah Aprillia, S.Si. M. Si membahas terkait Potret Makro Ekonomi dan Sosial kota Padangsidimpuan. Selain itu juga diantaranya menyampaikan tertib administrasi sesuai alamat domisili Kartu keluarga yang mencapai 91,65 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kota Padangsidimpuan yang berada pada peringkat ke 5 dari 33 kabupaten kota se-Sumatera Utara.

Dikesempatan yang sama Yosi Sukmono, ST selaku seketaris Bappeda Provinsi Sumatera Utara juga berkesempatan memaparkan arah kebijakan Pemprovsu Tahun 2022. Kemudian memaparkan terkait kebijakan umum Penyusunan RKPD, Arah kebijakan Nasional serta hasil evaluasi paruh waktu (Mid-term Reviu) RPJMD Provsu tahun 2019-2023.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Sekdakot Letnan Dalimunthe, seluruh Pimpinan OPD, kepala Instansi Vertikal, perwakilan Ormas, Forum Anak dan para tokoh-tokoh masyarakat serta undangan lainnya.(Habib)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan