oleh

Ingin Baterai HP OPPO Milikmu Awet? Ini Caranya!

Sumber: Kompas.com
Handphone saat ini menjadi barang penting bagi semua orang ketika beraktivitas. Bahkan saking penting keberadaan gadget ini, banyak orang yang lebih rela ketinggalan dompet dibandingkan handphone ketika handphone. Meningkatnya penggunaan handphone bagi semua orang akhirnya sejalan dengan pertumbuhan jumlah brand gadget tersebut.
Saat ini, salah satu brand handphone paling populer di Indonesia adalah OPPO. OPPO sendiri merupakan produsen handphone Tiongkok yang dikenal punya produk-produk dengan desain premium. Meski begitu, harga hp OPPO telah diketahui banyak orang sangat bersahabat.
Namun, gadget tetaplah perangkat yang tetap punya usia pakai, begitu juga dengan handphone OPPO. Walau terkenal akan produk premium harga bersahabat dengan kualitas pakai yang awet, handphone OPPO juga dapat rusak jika dipakai bertahun-tahun.
Seperti handphone pada umumnya, produk ponsel OPPO yang akan mengalami penurunan performa jika digunakan bertahun-tahun tentunya dari segi baterai. Biasanya, semakin lama handphone tersebut, maka daya baterainya juga ikut menurun. Namun, kondisi baterai handphone juga bisa dipengaruhi oleh cara kamu dalam memakai gadget itu sendiri.
Karena itu, sejak awal membeli handphone OPPO, sudah selayaknya kamu memahami cara menggunakannya dengan baik dan tepat, sehingga bisa membuat baterainya awet. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga baterai handphone OPPO milikmu agar tetap awet!

  1. Seringlah Menggunakan Mode Hemat Baterai
    Perlu kamu tahu, konsumsi daya baterai pada tiap handphone, termasuk pada produk OPPO itu berbeda. Selain itu, di setiap handphone sendiri umumnya dilengkapi dengan fitur penghemat daya. Fitur software ini bekerja dengan cara memodifikasi penggunaan central processing unit (CPU) untuk setiap apps, kecerahan layar, notifikasi dan berbagai pilihan hardware lainnya, yang bisa menghemat konsumsi energi.
    Artinya, jika kamu mengaktifkan mode hemat baterai ini, maka handphone OPPO milikmu bisa menghemat daya baterai dengan lebih baik. Dengan begitu, baterai handphone OPPO milikmu akan lebih awet ketika digunakan untuk beraktivitas.
  2. Cermat dalam Mengisi Daya Baterai
    Pada umumnya, baterai handphone dibuat dari bahan lithium-ion. Baterai jenis ini mampu menahan kapasitas daya sekitar 80% setelah di-charge sebanyak 300-500 kali. Artinya, kemampuan baterai OPPO milikmu dalam mempertahankan isi dayanya sebesar 80%. Kemampuan ini bertahan ketika kamu melakukan pengisian daya sebanyak 300-500 kali.
    Namun, masih terbilang jarang ada baterai yang memiliki kemampuan seperti ini. Jadi, biasanya baterai handphone baru ketika diisi daya sekitar 100 kali saja, daya tersebut sudah menurun hingga kurang dari 80%. Artinya, setelah kamu melakukan isi ulang daya handphone dari 100 kali, kemampuan baterainya untuk mempertahankan daya telah berkurang hingga kurang dari 80%.
    Namun, tenang saja, karena kamu tetap bisa memperpanjang umur baterai handphone OPPO milikmu dengan cara membiasakan diri untuk mengisi daya baterai dengan benar. Hindari membiarkan baterai handphone OPPO milikmu dalam keadaan lowbat sampai benar-benar mati.
    Di samping itu, hindari juga membiarkan handphone kamu di-charge terlalu lama sampai ketika dayanya sudah mencapai 100 persen, kamu biarkan saja dan tidak melepas kabel charger-nya. Meski begitu, hal terpenting tetaplah menghindari daya baterai sampai tinggal 0%. Pasalnya, hal ini bisa mengurangi seluruh kemampuan baterai dalam menahan dayanya.
  3. Menjaga Kondisi Suhu Handphone
    Untuk baterai lithium-ion, biasanya rata-rata suhu yang normal yakni antara 0 dan 45 derajat Celsius. Artinya, kamu bisa menjaga baterai handphone OPPO milikmu agar tetap berada pada suhu tersebut. Jangan sampai handphone OPPO milikmu jadi terlalu dingin atau terlalu panas.
    Jika suhunya sampai berada di bawah 0 derajat Celsius, kekuatan daya yang ada di dalam sistem baterai itu akan berkurang, karena adanya pembatasan gerakan lithium metal dan lithium ion di dalam elektroda dan melalui elektrolit.
    Sementara itu, kalau suhunya melebihi 45 derajat Celsius, kapasitas daya yang ada di dalam baterai handphone OPPO milikmu jadi meningkat dibandingkan ketika suhu tersebut lebih rendah. Jadi, kamu bisa mendapatkan pasokan daya dari baterai handphone OPPO milikmu yang berada dalam kondisi lebih panas.
    Namun, kalau kamu biarkan baterai handphone OPPO milikmu dalam kondisi seperti ini, maka akan terjadi penurunan daya baterai dengan lebih cepat juga. Jadi, kalau baterai handphone OPPO milikmu dibiarkan dengan suhu panas tersebut dalam jangka waktu yang lama, kemampuannya untuk menyimpan daya akan berkurang.
    Kesimpulannya, kamu sangat perlu membiasakan untuk tidak menaruh handphone OPPO milikmu di bawah paparan sinar matahari langsung, terutama saat cuaca sedang sangat terik, seperti ketika musim panas. Atau, saat kamu pergi ke tempat dengan cuaca panas seperti pantai misalnya.
    Lebih baik untuk menghindarkan handphone OPPO milikmu dari cuaca yang terlalu panas akan menyelamatkan baterainya, sehingga kemampuannya untuk mempertahankan daya juga tidak akan menurun. Jadi, daya baterai handphone OPPO milikmu bisa tetap awet dan tak cepat habis.
  4. Matikan Data Seluler atau Kurangi Talk Time Ketika Sedang Digunakan
    Perlu kamu tahu, koneksi ke jaringan seluler pada handphone OPPO milikmu itu menggunakan modul global system for mobile communication (GSM). GSM inilah yang sebenarnya paling banyak mengonsumsi daya baterai handphone OPPO milikmu. Meski begitu, koneksi data seluler ini memang tetap dibutuhkan.
    Pasalnya, jika ini tidak diaktifkan, maka kartu SIM di handphone OPPO milikmu juga ikut non-aktif. Akan tetapi, jika kamu memang sedang benar-benar tidak menggunakan handphone OPPO milikmu, maka ada baiknya untuk mematikannya saja.
    Kamu bisa melakukan ini lewat menu pengaturan di handphone OPPO milikmu lalu cari pilihan untuk menonaktifkan SIM. Sementara, jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka kamu juga bisa mengurangi panggilan telepon. Sebab, aktivitas tersebut merupakan salah satu kegiatan yang paling mengonsumsi daya baterai tinggi di handphone OPPO milikmu.
  5. Kurangi Menggunakan Handphone untuk Menonton Video
    Apakah kamu suka menonton atau mengunduh video menggunakan handphone OPPO milikmu? Jika iya, sebaiknya kurangi saja jumlahnya. Sebab, proses memutar video di handphone OPPO milikmu itu merupakan kegiatan operasi yang paling banyak mengonsumsi daya baterai.
    Inilah yang biasanya membuat handphone OPPO milikmu lebih cepat lowbat, yakni karena keseringan dipakai untuk memutar video, dan dalam jangka waktu yang lama juga. Maka dari itu, sebaiknya kamukurangi video-video yang biasanya berasal dari grup chat dengan langsung menghapusnya. Ini dapat membantu mengurangi kapasitas memori internal di handphone OPPO milikmu sehingga jadi lebih besar, dan juga mempertahankan daya baterainya.
  6. Perpanjang Waktu Pengisian Daya Baterai
    Perlu diketahui, kebanyakan handphone di era sekarang telah dilengkapi dengan fitur fast charging yang memudahkan kamu untuk mengisi daya baterai dengan cepat. Jadi, kamu bahkan bisa memenuhi daya baterai handphone tersebut dalam hitungan menit saja, dan bukan jam. Memang benar bahwa ini membuat kamu merasa lebih nyaman untuk menggunakannya, apalagi kalau sedang terburu-buru. Namun, sebenarnya ini lebih baik kamu hindari. Mengapa?
    Pasalnya, jika mengisi daya baterai terlalu cepat itu bisa mengurangi kapasitas penyimpanan dayanya. Jadi, kalau kamu perhatikan komponen baterai secara fisik, pergerakan atau proses perpindahan lithium metal dan lithium ion di antara elektroda yang ada di dalam baterai, itu merupakan proses yang lambat.
    Jadi, prosesnya itu pelan. Maka dari itu, kalau kamu melakukan isi daya ulang pada handphone OPPO milikmu dengan kecepatan yang biasa, maka ini akan memudahkan proses pergerakan tersebut hingga benar-benar tuntas. Akhirnya, ini dapat meningkatkan kapasitas baterai handphone OPPO milikmu.
    Jadi, misalnya, melakukan isi daya handphone OPPO milikmu dalam lima menit saja, dibandingkan dengan dua jam seperti waktu standarnya untuk mengisi daya baterai, bisa mengurangi kapasitas baterainya untuk siklus pengisian daya tersebut hingga lebih dari 20%.
    Sederhananya, kalau kamu tidak sedang benar-benar dikejar waktu, sebaiknya hindari menggunakan fitur fast charging. Isi daya baterai handphone OPPO milikmu dengan cara biasa sehingga kapasitas penyimpanannya tidak serta-merta berkurang. Baru kalau kamu sangat terburu-buru, bisa menggunakan fitur fast charging tersebut.
  7. Mengurangi kecerahan layar
    Ini merupakan cara yang paling sederhana dan bahkan sebenarnya sudah sering dilakukan sejak dahulu. Jadi, kalau kamu sedang benar-benar perlu menggunakan handphone OPPO milikmu dengan seluruh fungsinya, tapi ingin tetap bisa berhemat baterai, maka kamu bisa mengurangi kecerahan layarnya.
    Kalau kamu memiliki handphone yang layarnya merupakan organic light emitting diode atau OLED, kamu juga bisa menggunakan pilihan “light on dark” untuk tampilan visual pada handphone OPPO milikmu. Dengan melakukan ini, maka kamu akan dapat berhemat daya baterai lebih banyak, sambil tetap menggunakan handphone OPPO milikmu seperti biasanya.
  8. Gunakan Wi-Fi dan Jaringan 4G
    Tahukah kamu? Menggunakan Wi-Fi ternyata bisa sangat menghemat daya baterai di handphone OPPO milikmu. Bahkan, Wi-Fi justru hanya memerlukan daya konsumsi baterai 40% lebih sedikit jika dibandingkan dengan ketika kamu menggunakan jaringan 4G yang ada di handphone OPPO milikmu.
    Jadi, kalau mau melakukan browsing di internet, dan kamu sedang berada di tempat yang memiliki koneksi Wi-Fi, gunakan saja Wi-Fi tersebut. Matikanlah mobile data 4G di handphone OPPO milikmu kemudian menggantinya dengan menggunakan Wi-Fi. Hal ini dapat membantu menghemat daya baterai di handphone OPPO milikmu. Jadi, handphone OPPO milikmu tidak akan cepat lowbat.
  9. Terapkan Mode Airplane Ketika Handphone Tidak Digunakan
    Perlu diketahui, ketika kamu mengaktifkan mode pesawat, maka secara otomatis ini akan menonaktifkan GSM, WI-Fi, Bluetooth, dan fungsi GPS pada perangkat handphone OPPO milikmu. Ketika kamu berhasil mematikan berbagai fungsi tersebut, maka handphone OPPO milikmu akan dapat menggunakan 5% saja dari konsumsi energi yang biasanya dibutuhkan, dengan kondisi layar yang tidak aktif.
    Sebagai perbandingan yang sederhana, cara ini membuat handphone OPPO milikmu seperti berada dalam mode idle, tapi masih bisa digunakan untuk melakukan aktivitas. Meski begitu, meningkatkan daya baterai handphone OPPO milikmu itu memerlukan kesadaran dari diri sendiri.
    Kamu bisa membatasi penggunaan software dan hardware yang sekiranya mengonsumsi banyak daya baterai, sekaligus mengelola perangkat mobile agar kapasitas charging-nya jadi lebih maksimal. Di samping itu, kebiasaan yang tepat dalam mengelola baterai handphone OPPO milikmu, juga dapat menambah umur baterainya sendiri, karena tidak cepat aus.
    Kalau kamu menerapkan berbagai cara seperti yang telah disebutkan tadi, maka bisa memperpanjang usia baterai hingga lebih dari 40%. Hal ini sekaligus menjaga kapasitasnya selama perangkat kamu masih bisa aktif digunakan. Nah, selamat mencobanya ya! (Redaksi)

Lihat Juga Video : Mencegah Covid-19 Konsumsi Air Hydrogen Alkali Setiap Hari Yang Diproses Menggunakan Botol Hidrogen Alkali

Baca Juga : Berita Jajaran POLRI Mulai dari POLSEK / POLRES / POLDA

Baca Juga : DAFTAR VIPLUS Khusus Yang Belum Pernah Ikut VTUBE Sebelumnya

Bantu Like, Comment dan Subscribe Channel Youtube mediapatriot.co.id yah... Terima Kasih : https://youtu.be/HYhDRP35P9Y

Baca Juga: Berita TNI Mulai dari Jajaran Koramil, Kodim, Kodam

Baca Juga: FEBRYAN ADHITYA Usung Tema Semarak Dangdut dan Gencar Kembangkan Live Streaming di PB PADMI

Informasi Bagian Iklan mediapatriot.co.id: Hubungi Whatsapp Center 08999208174

Info Penting: Warga Negara Indonesia Dilarang Mudik 2021 (mediapatriot.co.id)

BERITA KE 2 >>>>

Baca Berita Hari Ini di MediaPATRIOT.CO.ID>>>

RajaBackLink.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed