Dari Evakuasi Korban Banjir Sampai Distribusikan Bantuan, Ini Aksi Heroik Karang Taruna Bekasi Selatan Bareng PMI Kota Bekasi

Kota Bekasi, MPI
Bencana banjir yang terjadi beberapa hari lalu nampaknya menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi jajaran Karang Taruna di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Betapa tidak, aksi heroik yang selama ini hanya bisa mereka lihat di televisi, kini mereka lakoni langsung.

Aksi kepedulian digiatkan Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak banjir. Saat banjir melanda Sabtu (20/2) lalu, jajaran organisasi sosial kepemudaan ini membagikan 1.500 kepada para korban banjir yang tersebar di lima wilayah kelurahan.

Selain itu, segenap relawan dari Karang Taruna bareng Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bekasi ikut sibuk membantu proses evakuasi korban banjir di wilayah Kelurahan Jakamulya, Bekasi Selatan, menggunakan perahu karet. Tanpa terlihat lelah, mereka berjibaku memindahkan warga yang terjebak banjir di dalam rumah menuju lokasi yang lebih aman.

Aksi heroik jajaran Karang Taruna ternyata belum berakhir. Selama banjir masih menggenang, mereka lalu mendirikan dapur umum guna membantu memenuhi kebutuhan makan masyarakat terdampak banjir. Aksi kepedulian ini juga melibatkan para remaja putri yang tergabung dalam Srikandi Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan.

Begitu juga ketika paket bantuan dari PMI Cabang Kota Bekasi datang ke lokasi banjir, seluruh kader dan pengurus Karang Taruna ikut sibuk mendistribusikan bantuan berupa peralatan kebersihan tubuh untuk warga korban banjir. Sebanyak 40 paket bantuan berisi sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo, deterjen, pembalut, dan handuk, langsung disebar ke segenap lokasi terlanda banjir.

Saat diajak berbincang, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan H Darkam Suryadi menjelaskan, aksi kepedulian yang dilakukan jajarannya itu merupakan implementasi dari visi dan misi yang diemban Karang Taruna selaku organisasi kepemudaan yang aktif dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Kami bergerak spontan, begitu mendengar bencana banjir melanda, kami tidak tinggal diam dan turun langsung membantu korban banjir,” ungkapnya, Kamis (25/2) malam.

Darkam merespon positif kekompakan seluruh pengurus dan kader Karang Taruna yang ada di Bekasi Selatan dalam membantu korban banjir. “Terus terang saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan yang begitu semangat memberikan bantuan untuk korban banjir, begitu heroik dan membanggakan,” ujarnya.

Tak lupa, pujian juga dilontarkan Darkam kepada pengurus dan kader Srikandi Karang Taruna yang ikut aktif dalam aksi sosial selama banjir kemarin. “Para Srikandi Karang Taruna juga sangat semangat saat mendirikan dapur umum dan membantu pendistribusian bantuan, mereka perempuan tapi ternyata tidak mau kalah semangatnya dengan para penuda dan remaja putra, saya sangat salut,” tegas dia.

Tak lupa, Darkam merespon positif kesigapan PMI Cabang Kota Bekasi yang dipimpin Ade Puspitasari dalam membantu meringankan penderitaan masyarakat yang sedang terkena bencana. “Alhandulillah dengan sinergitas yang terjalin antara PMI dan Karang Taruna, proses evakuasi dan pendistribusian bantuan dapat berjalan secara maksimal,” ujar Darkam didampingi Ketua Karang Taruna Kelurahan Jakamulya, Ade Ahmad Zaenuddin.

Darkam berharap kepedulian yang diberikan Karang Taruna memberikan manfaat untuk masyarakat. “Saya juga berharap rekan-rekan Karang Taruna tetap semangat menjadi garda terdepan dalam kegiatan sosial di masyarakat. Apa yang sudah rekan-rekan lakukan pasti menjadi kenangan yang tak terlupakan, baik oleh masyarakat maupun diri kita masing-masing,” pungkasnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan