Manfaat Serat Pangan Inulin untuk Kesehatan Pencernaan Anak Saat Menjalankan Puasa

MediaPATRIOT – Jakarta, 16 April 2021 – Di bulan April dan Mei ini, umat Islam di seluruh dunia memasuki bulan suci Ramadan 1442 H. Meskipun Ramadan tahun ini masih dilaksanakan di tengah kondisi pandemi COVID-19, kondisi ini tidak menyurutkan umat Islam di Indonesia untuk beribadah, sambil mengajak dan mengajarkan manfaat berpuasa pada anak-anak. Namun beberapa orang tua memiliki kekhawatiran akan menurunnya daya tahan tubuh anak selama berpuasa dan tidak mampu melawan kuman dan virus penyakit. dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals meyakinkan orang tua untuk tidak perlu takut daya tahan tubuh anak menurun saat berpuasa, selama anak dipastikan mendapatkan asupan nutrisi yang memadai saat sahur dan berbuka puasa.

“Kunci utama menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Saat puasa di tengah pandemi COVID-19, orang tua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa,” papar dr. Muliaman. Terkait daya tahan tubuh anak, riset menunjukkan bahwa orang tua saat ini memang sudah semakin menyadari efek positif nutrisi pada kesehatan dan daya tahan tubuh anak mereka, termasuk kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang sehat. Survei daring Morinaga Chil*Go! di akhir Februari 2021 menunjukkan hampir 85% ibu di Indonesia menjadikan asupan nutrisi menjadi prioritas mereka selama pandemi COVID-19, dan bahkan lebih dari 86% mengaku sangat ketat memastikan asupan makanan bergizi seimbang untuk anak setiap hari.

“Pada saat berpuasa atau belajar puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuhnya dapat berjalan dengan optimal. Oleh karenanya, selain nutrisi di atas perlu juga dilengkapi dengan beberapa nutrisi yang diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik. Penting bagi orang tua memastikan agar anak mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkannya pada saat sahur dan berbuka puasa,” lanjut dr. Muliaman.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan sedangkan prebiotik adalah sejenis serat yang menjadi sumber makanan bakteri baik termasuk probiotik agar bisa tumbuh, berkembang dan bekerja dengan efisien. Saat pemberian prebiotik, kadar bakteri dalam saluran pencernaan menjadi seimbang, sehingga nutrisi yang diperoleh tubuh dapat diserap dengan baik dan juga bisa merangsang sistem imunitas tubuh. Penyerapan nutrisi yang baik kemudian bisa membuat sistem kekebalan tubuh anak bekerja dengan optimal, meskipun anak sedang belajar berpuasa, baik setengah hari, maupun seharian penuh bagi anak yang sudah lebih besar. Salah satu jenis prebiotik yang diakui secara ilmiah adalah serat pangan inulin.

Secara alami, serat pangan inulin dapat ditemukan pada berbagai buah-buahan, sayuran, umbi-umbian seperti Chicory Root. “Efek menguntungkan serat pangan inulin terutama berperan di usus besar. Usus adalah organ terbesar untuk membantu sistem pertahanan tubuh. Manfaat inulin sebagai nutrisi yang esensial selain untuk kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh juga berdampak positif pada kesehatan di kemudian hari yaitu mengurangi risiko obesitas, penyakit radang usus, dan alergi,” jelas dr. Muliaman lebih jauh. Prebiotik di dalam serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium dan mendorong kepadatan tulang, serta mengatur rasa kenyang. Nutrisi inilah yang perlu ada dalam menu makanan anak sehari-hari, terutama saat anak belajar berpuasa atau sedang berpuasa.

KALBE Nutritionals dalam misinya untuk menyediakan produk nutrisi berkualitas guna mendukung kehidupan yang lebih baik, melalui salah satu produk unggulannya yaitu Morinaga Chil*Go!, terus mendukung gaya hidup anak supaya lebih sehat. Ditemui secara terpisah, Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals menjelaskan bahwa menambahkan Morinaga Chil*Go! dalam menu makan harian anak adalah salah satu cara praktis membantu Bunda memastikan asupan serat pangan inulin dalam porsi yang tepat untuk membantu memelihara fungsi saluran pencernaan buah hatinya.

“Morinaga Chil*Go!, susu kualitas Jepang yang enak bernutrisi dengan harga terjangkau, dilengkapi dengan 9 vitamin dan 5 mineral, serta kandungan serat pangan inulin akan mendukung kesehatan pencernaan anak. Pencernaan yang sehat tentunya dapat mendukung daya tahan tubuhnya. Saat berpuasa nanti, orang tua dapat memberikan Morinaga Chil*Go! pada sahur dan saat berbuka,” jelas Daru. Tidak hanya peduli pada nutrisi anak, Morinaga Chil*Go! juga peduli akan peningkatan psikologis anak dengan memberikan stimulasi lewat kegiatan edutainment bagi anak-anak di Indonesia, yang berkolaborasi dengan Kampoeng Kidz. Kegiatan yang diberi nama Fun & Play ini sudah dilakukan sejak Agustus 2020 dan terus dilakukan setiap bulan hingga saat ini. Kegiatan terakhir dilakukan pada 9 April 2021 lalu melalui aplikasi Zoom secara gratis. Jadwal berikutnya bisa dicek di berbagai kanal media sosial @morinagaplatinum, “Tentu stimulasi juga komponen penting tumbuh kembang anak.

Dengan adanya stimulasi untuk bermain sambil belajar, kebutuhan psikologis supaya anak bisa tetap senang dan tidak bosan selama di rumah, apalagi orang tua bisa ikutan menemani buah hati mengikuti kegiatan ini, bisa terpenuhi. Hal ini tentu berpengaruh juga secara tidak langsung pada daya tahan tubuhnya,” ujar Daru. Adapun sebagai upaya berkelanjutan mendukung gaya hidup anak yang lebih sehat, bulan lalu Morinaga Chil*Go! memperkenalkan varian rasa baru yaitu rasa Original yang lebih rendah gula. Masih dengan kandungan utama yang sama, rasa Original bisa membantu Bunda mengontrol asupan gula di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi anak setiap hari. Morinaga Chil*Go! juga bisa dikreasikan menjadi resep kreasi makanan dan minuman baru yang sehat dan disukai anak-anak. Selain itu, Morinaga Chil*Go! juga menghadirkan susu bubuk Morinaga Chil*Go! 1+ dan 3+ dengan rasa Madu dan Vanilla yang mengandung perpaduan nutrisi seperti Serat Pangan Inulin, Tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, dilengkapi Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Kolin, Tinggi Kalsium & Vitamin D, 14 Vitamin & 8 Mineral.

“Di bulan suci Ramadan ini, Bunda bisa berkreasi dengan sang buah hati untuk mempersiapkan berbagai menu takjil sehat dan disukai oleh anak-anak, dengan membuat sajian enak bernutrisi dari Morinaga Chil*Go!, sehingga anak bisa mendapatkan menu berbuka puasa kesukaannya dengan kandungan nutrisi yang tepat dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuhnya selama belajar berpuasa,” jelas Daru.

(Red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan