Kelurahan Ancol Jadi Proyek Percontohan IBM, Kolaborasi ‘Bersinar’ Digaungkan

Jakarta Utara mediapatriot.co.id Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara menunjuk Kelurahan Ancol sebagai proyek percontohan (pilot project) dalam penerapan konsep Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dalam program rehabilitasi penyalahgunaan narkotika.

Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan digaungkan demi terwujudnya Kota Jakarta Utara yang bersih narkotika (Bersinar).

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mendukung penuh program rehabilitasi narkotika yang berkonsep IBM dari BNNK Kota Jakarta Utara. Apalagi program ini turut mengkolaborasikan peran antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan yang semakin mewujudkan kota Jakarta Utara Bersinar.

IBM ini benar-benar mengkolaborasikan semua pihak tetapi dengan mengupayakan peran aktif masyarakat untuk menggaet penyahguna narkotika agar dapat direhabilitasi,” ujar Ali usai menghadiri Workshop Sosialisasi Program IBM Tahun 2021 di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/5).

Dengan adanya peran aktif masyarakat, Ali menilai pendekatan terhadap keluarga dan penyalahguna narkotika berjalan dengan baik. Pendekatan yang intens tentunya meminimalisir keraguan keluarga dan penyalahguna narkotika untuk mengikuti program rehabilitasi.

“Para penyalahguna narkotika bukan aib. Ini tanggung jawab kita bersama untuk meng mereka menjalani rehabilitasi. Di sinilah peran masyarakat yang didaulat sebagai kepanjangan tangan program IBM mengkomunikasikan segala kendala yang ada. Tentu semua itu tidak terlepas dari peran BNNK Jakarta Utara, pemerintah, maupun dukungan dari pihak swasta,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara AKBP Bambang Yudistira menerangkan, kegiatan yang didukung PT Pelindo II ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Kota Jakarta Utara bersih dari narkotika. Memberikan pembekalan bagi masyarakat agar dapat mengajak para pecandu narkotika menjalani program rehabilitasi secara gratis.

“Program ini salah satu upaya kami menggerakkan masyarakat untuk dapat menjangkau penyalahguna narkotika. Mereka memberikan pemahaman sekaligus mengajak penyalahguna mengikuti program rehabilitasi ringan,” papar Bambang.

Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan, Kelurahan Ancol dipilih sebagai proyek percontohan program rehabilitasi IBM lantaran sukses sebagai kelurahan bersinar dari Seksi Pemberdayaan dan Pencegahan (P2M) BNNK Jakarta Utara pada tahun sebelumnya.

Untuk tahun berikutnya, BNNK Jakarta Utara akan memilih Kelurahan Sunter Jaya sebagai kelurahan bersinar yang mana pelatihan sudah mulai diberikan kepada masyarakat petugas IBM.

“Ini semua merupakan awal ikhwal peran aktif masyarakat dalam program rehabilitasi penyalahgunaan narkotika. Jangan takut untuk direhabilitasi karena semua data klien kami rahasiakan,” tutupnya.

Ediyanto


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan