Pesawat Tanpa Awak Dihancurkan Rudal Gagak Hitam di Wilayah Udara Baturaja

MediaPATRIOT – JAKARTA, tniad.mil.id
– Latihan puncak YTP 203/AK TA. 2021 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Juni 2021 di Puslatpur, Baturaja, Sumatera Selatan, merupakan bukti nyata bahwa Yonarhanud 10/Gagak Hitam memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pertempuran, di mana alutsista canggih dan prajurit yang profesional menjadi ciri khas Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam.

Dalam keterangan tertulis dari Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam, Yonarhanud 10/GH merupakan satu-satunya Batalyon Rudal di Indonesia khususnya TNI AD, yang saat ini berada di bawah naungan Kodam Jaya/Jayakarta, rudal Mistral Atlas merupakan rudal terbaru yang dimiliki oleh Korps Arhanud TNI AD dan juga merupakan rudal canggih jarak pendek yang memiliki tingkat akurasi di atas 95 persen dan dalam hitungan detik, rudal Mistral Atlas mampu melesat dengan kecepatan 2,8 Mach menuju sasaran serta menggunakan sistem penembakan Fire and Forget dengan rudal berhulu ledak Proximity Fuse.

Pelaksanaan puncak latihan YTP 203/AK dalam operasi serangan ini diawali dengan skenario pasukan inti yang bermanuver bergerak menuju sasaran dan diikuti oleh pesawat intai musuh (Bhansee) yang terbang rendah siap menyerang serta menghancurkan pasukan yang bermanuver, disinilah bukti kehebatan Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam mampu dengan mudah melacak dan menghancurkan dua pesawat tempur musuh yang mengancam pasukan inti yang bermanuver.

Sebanyak 1154 Prajurit TNI AD, dari berbagai satuan dan kecabangan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta tergabung dalam latihan YTP 203/AK melaksanakan latihan operasi militer untuk perang (OMP), dengan organisasi yang disusun secara komposit agar memiliki daya tempur yang tinggi.

Pada pelaksanaan latihan puncak YTP 203/AK TA. 2021 ini, dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI AD (Dankodiklatad) Letjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman, M.A., Ir Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Gabriel Lema, Danpussenarhanud Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., Dansecapa Mayjen TNI Ferry Zein, Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, Danpuslatpur Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc., Dirjian Kodiklatad Brigjen TNI Syaiful Rahman, Danbrigif Kolonel Inf Andri dan seluruh Dansat Jajaran yang terlibat latihan YTP 203/AK TA. 2021.

Usai pelaksanaan latihan operasi serangan, Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto, S.Sos., memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan YTP 203/AK TA. 2021, ia menyampaikan rasa bangganya terhadap Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta, dihadapkan dengan tugas di perkotaan dan dilihat dari intensitas latihan Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta yang sangat minim, akan tetapi prajurit Kodam Jaya/Jayakarta mampu melaksanakan tugas di medan latihan dengan baik dan profesional, serta mampu menunjukkan semangat juang yang tinggi selama latihan.

Dankodiklatad juga menambahkan, alutsista canggih yang dimiliki oleh Korps Arhanud dengan perkenan akurasi yang tinggi, sehingga dapat dengan mudah menghancurkan sasaran, akan membuat korps Arhanud ke depan semakin jaya, “ imbuhnya.

Kegiatan latihan ini diakhiri dengan makan siang bersama seluruh Prajurit yang terlibat dalam latihan YTP 203/AK TA. 2021 dengan Dankodiklatad beserta tamu undangan dan ditutup dengan pengibaran Sang Merah Putih sebagai wujud kesetiaan prajurit TNI AD kepada NKRI. (Dispenad)

(red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan