Buka Gebyar Museum tahun 2021, Bupati Banggai: “Wujud Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal”

BANGGAI, MPI_Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, secara resmi membuka Gebyar Museum tahun 2021, Senin (18/10), yang berlangsung di Museum Daerah Banggai, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Lebih lanjut dikatakan budaya terbentuk dari banyak struktur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Tak hanya itu, lanjutnya, bahasa sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Bupati menuturkan dalam perjalanan kehidupan manusia di daerah Kabupaten Banggai, telah membawa sejumlah warisan budaya masa lalu yang sangat mempengaruhi terhadap sikap dan memberi warna perilaku serta pola kehidupannya.

“Warisan budaya masa lalu dari manusia yang hidup di Kabupaten Banggai ini bisa dilihat pada adat kebiasaan dan upacara-upacara adat yang semuanya ada kaitan dengan kepercayaan agama dan suku,” tuturnya.

Bupati menambahkan kenyataan yang dihadapi pada zaman sekarang ini adalah lunturnya minat generasi muda terhadap budaya dan adat istiadat daerah.

“Generasi muda saat ini pada umumnya hanya suka memperhatikan setiap prosesi upacara adat yang berlangsung tanpa mengetahui budaya yang ada. Serta tak lagi mengetahui bahasa daerah yang dituturkan pada saat pelaksanaan upacara adat atau penyambutan tamu,” ucapnya.

Untuk itu, Bupati menegaskan dalam rangka menanamkan nilai-nilai kearifan lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai telah memprogramkan pengembangan nilai-nilai kearifan lokal.

Diantaranya penyiapan mata pelajaran pilihan nilai-nilai kearifan lokal lewat pendidikan formal dan non formal, serta pelibatan nilai-nilai lokal dalam acara memperkenalkan nasional sebagai nilai-nilai upaya luhur masyarakat Kab. Banggai.

Bupati berharap Gebyar Museum tahun 2021 menjadi wahana untuk menggali bakat serta minat peserta sekaligus melahirkan generasi muda yang memiliki kemampuan dan dapat dijadikan asset daerah pada event-event di masa mendatang.

“Karena dengan kegiatan-kegiatan semacam ini selain menambah wawasan juga secara tidak langsung kita telah menyiapkan sumber daya manusia untuk masa depan daerah yang tercinta ini” tutupnya.

Pembukaan Gebyar Museum Daerah tahun 2021 turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Banggai, Rektor Unismuh Luwuk, Lembaga Adat, Ketua PGRI, para pimpinan OPD, Koordinator, Kepala Sekolah dan Guru, pimpinan sanggar, dewan juri.

Gebyar Museum tahun 2021 menggelar sejumlah perlombaan, diantaranya lomba mendongeng, pidato bahasa daerah, lomba lagu nasional dan lomba permainan rakyat, diantaranya Patengka, Gasing, Congklak, Ponti/Biya-biya, bagi siswa/i SD, MI, SMP, dan MTS.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan