Tumbuhkan Kecintaan Siswa Terhadap Museum, Disdik Banggai Gelar Gebyar Museum 2021

BANGGAI, MPI_Dalam rangka menumbuh kembangkan kecintaan siswa terhadap museum sebagai pusat informasi tentang sejarah Kabupaten Banggai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Banggai gelar Gebyar Museum tahun 2021, di Museum Daerah Banggai, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Sejumlah perlombaan digelar dalam Gebyar Museum tahun 2021, diantaranya lomba mendongeng, pidato bahasa daerah dan lomba lagu nasional, serta permainan rakyat, diantaranya Patengka, Gasing, Congklak, Ponti/Biya-biya.

Kepala Disdik Banggai, Hj. Nurjalal, mengatakan didalam museum daerah Banggai terdapat berbagai macam koleksi bersejarah.

Melalui Gebyar Museum tahun 2021, lanjutnua, pihaknya ingin menghilangkan image keberadaan museum yang oleh sebagian orang hanya dianggap sebagai penghias kota dan tempat menyimpan benda-benda kuno.

“Gebyar Museum tahun 2021 juga bertujuan untuk melestarikan kembali budaya Babasalan, yakni mendongeng dan pidato dalam bahasa Banggai, Balantak, Saluan, dan Andio. Serta menyanyikan lagu nasional dan permainan rakyat berupa lomba patengka, gasing, congklak, dan main ponti/biya-biya, yang pada hari ini sudah tidak digandrungi oleh generasi muda yang notabene adalah anak didik kita,” tandasnya.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Berita Terbaru Hari Ini