Rakor Bunda PAUD se-Kabupaten Banggai, Vera Rompas Mastura: “Bunda PAUD Miliki Peran Strategis Dalam Memberikan Layanan PAUD Berkualitas”

BANGGAI, MPI_Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan pelayanan PAUD yang berkualitas.

Hal ini ditegaskan Bunda PAUD Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya pada rapat koordinasi (rakor) Bunda PAUD se-Kabupaten Banggai, Senin (25/10).

Rakor yang diikuti Bunda PAUD tingkat Kecamatan, Kelurahan/Desa, Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif (HI), OPD lintas sektor organisasi, mitra profesi forum PAUD dan pemangku kepentingan lainnya, digelar di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

“Agar semua layanan anak usia dini di semua wilayah bisa terlaksana secara optimal, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bunda PAUD, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Bunda PAUD mempunyai peran yang sangat strategis dalam memberikan layanan PAUD yang berkualitas. Untuk itu, ia berharap Bunda PAUD Banggai mampu menggerakkan semua komponen dan sumber daya yang ada diwilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan selain pemberian layanan PAUD berkualitas,njuga dibutuhkan fokus lebih terhadap program PAUD HI yang meliputi perawatan pendidikan, pengasuhan perlindungan kesehatan dan gizi serta kesejahteraan anak, termasuk pencegahan stunting.

“Bunda PAUD mempunyai peran dalam memotivasi, menjadi motor penggerak, terutama untuk kaum ibu yang mempunyai anak balita. Karena orang tua mempunyai peran sangat penting sebagai pendidik, pengasuh, perawat, pembimbing bagi putra putrinya, terutama dalam proses tumbuh kembangnya,” lanjutnya.

Terkait pemenuhan kebutuhan gizi balita, lanjutnya, Bunda PAUD bisa berkoordinasi dengan POKJA 3 TP-PKK melalui program B2SA, MTAS, MP ASI, FOR Ikan, juga AKU Hatinya PKK.

“Pada dasarnya semua POKJA di TP PKK mempunyai andil dalam pelaksanaan program PAUD bermutu. Program-program unggulan seperti PARRADI, GALERI PELANGI, AKU HATINYA PKK, dan Keluarga Tanggap Bencana, semuanya terkait dengan program PAUD, dan bisa dioptimalkan di Kabupaten Banggai,” urainya.

Ia menambahkan Bunda PAUD merupakan jabatan strategis yang melekat, juga sebagai ketua TP PKK, ketua Dekranas, sesepuh organisasi wanita, ketua barbagai yayasan yang saling terkait.

“Oleh karena itu, Bunda PAUD bisa memberikan saran, masukan rekomendasi kepada DPR, Pemda, bahkan pemerintah pusat dalam pelaksanaan program PAUD,” tandasnya.

Rakor Bunda PAUD se-Kabupaten Banggai turut dihadiri Kajari Banggai, Tim Pokja Bunda PAUD, para pimpinan OPD dan Camat, pimpinan Bank Sulteng dan BRI cabang Luwuk, Ketua Bhayangkari Banggai, Ketua DWP Banggai, Ketua Persit KCK Dim 1308/LB, Ketua Jalasenasri Luwuk, Ketua Adhyaksa Banggai, dan para ketua organisasi perempuan serta undangan lainnya.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan