Webinar Pemberdayaan Karang Taruna, Bupati Banggai Paparkan Strategi Pemberdayaan Karang Taruna di Kabupaten Banggai

BANGGAI, MPI_Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar webinar nasional pemberdayaan Karang Taruna, Senin (15/11), secara virtual.

Mengusung tema Upaya Pembangunan Generasi Muda Yang Berkarakter Kebangsaan Indonesia Melalui Pemberdayaan Organisasi Karang Taruna, webinar dibuka langsung oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Dr. Drs. Bahtiar, M.Si.

Webinar yang diikuti oleh seluruh pengurus Karang Taruna se-Indonesia ini menghadirkan sejumlah nara sumber, yakni Ketua Karang Taruna Nasional yang juga merupakan anggota DPR RI, Didik Mukrianto; Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos, Edi Suharto; PLT Direktur Ormas Kemendagri, Risnandar Mahiwa, S.STP., M.Si.; Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, dan Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka.

Pada kesempatan ini, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, membawakan materi tentang peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan Karang Taruna Kabupaten Banggai.

Sejumlah strategi pemberdayaan Karang Taruna di Kabupaten Banggai dipaparkan, diantaranya workshop; monitoring, evaluasi dan konsolidasi Karang Taruna; pemberdayaan dan pengembangan.

Bupati menuturkan workshop dilaksanakan untuk menyelaraskan dan mensinergikan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dengan program Karang Taruna.

Melalui workshop ini, lanjutnya, Karang Taruna dapat merumuskan program kerjanya berdasarkan informasi yang diperoleh dari OPD dan stakeholder.

“Karang Taruna Banggai mampu melahirkan gagasan untuk program kerjanya yang memberikan dukungan dalam pencapaian visi misi Pemkab Banggai. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial generasi muda yang dapat memberikan kontribusi dalam terwujudnya kesejahteraan sosial masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada monitoring evaluasi dan konsolidasi, diperoleh kepastian terkait kepengurusan Karang Taruna, baik yang ada di Desa/Kelurahan maupun Kecamatan.

“Melalui kegiatan monitoring evaluasi dan konsolidasi diketahui secara pasti tentang kepengurusan Karang Taruna, baik tentang masa baktinya maupun mekanisme pemilihannya. Kegiatan ini juga menjadi ajang dalam menampung aspirasi, saran, masukan dan usulan program. Sehingga dalam pelaksanaannya memakai sistem program berbasis Desa/Kelurahan dan Kecamatan,” lanjutnya.

Bupati mengatakan pemberdayaan dan pengembangan Karang dilakukan melalui kegiatan Bursa Inovasi Karang Taruna; Kampung Cerdas, Santun dan Religius; Kemah Karya Karang Taruna, dan pengembangan aplikasi Pemuda Menyapa berbasis Android.

Diuraikan, Bursa Inovasi Karang Taruna merupakan media pertukaran pengetahuan terkait kegiatan kepemudaan dan pengembangan di bidang pertanian, kelautan, pariwisata dan UMKM yang bersifat inovatif, kreatif dan edukatif sehingha dapat diadopsi atau direplikasi oleh desa/kelurahan lain.

“Bursa Inovasi Karang Taruna dilaksanakan dan dikelola oleh penguris Karang Taruna dengan dukungan OPD terkait serta dunia usaha. Tujuannya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi organisasi dan masyarakat,” urainya

Untuk Kampung Cerdas, Santun dan Religius, bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal, budaya dan keagamaan didalam masyarakat.

Sementara itu, Kemah Karya Karang Taruna merupakan implementasi dari kegiatan kesenian, olahraha dan diskusi dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas sumber daya pengurus Karang Taruna. Serta meningkatkan kepedulian sosial, semangat gotong royong, kreatifitas dan solidaritas sesama warga Karang Taruna dan masyarakat.

Sedangkan pengembangan aplikasi Pemuda Menyapa berbasis android merupakan pengambangan di bidang teknologi infornasi terhadap kebutuhan data, informasi dan layanan sosial, yamg mudah diakses oleh anggota Karang Taruna dan masyarakat.

“Hasilnya, Karang Taruna Kabupaten Banggai adalah pemuda Karang Taruna yang kreatif, berinovasi dan berkarya untuk membangun Kabupaten Banggai yang maju, mandiri dan sejahtera,” tandasnya.

Dalam memaparkan materinya, Bupati Banggai didampingi Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M.; Ketua dan Wakil Ketua Karang Taruna Banggai, Irfan Bungaadjim, S.H., dan Amlin Usman, serta sejumlah anggotanya, dari ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.(dewi)

 


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan