Dukun PEN, Kejari Banggai Jalin Mitra Dengan Pemkab Banggai Dibidang Agrowisata

BANGGAI, MPI_Dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dibidang perikanan, yakni pembukaan lahan pembudidayaan ikan tawar.

Kemitraan ini diwujudkan dengan penyerahan 5.000 ekor benih ikan bandeng kepada Kelompok Tani (Poktan) Desa Dongin, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, yang merupakan Poktan binaan Kejari Banggai, Senin (22/11), untuk disebarkan di tambak budidaya ikan air tawar Desa Dongin.

Pada kesempatan ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banggai, Masnur, S.H., M.H., M.Hum. mengungkapkan ada 26 hektare lahan di Desa Dongin yang telah dibuka untuk lokasi pertambakan budidaya ikan tawar.

Lebih lanjut dikatakan, dilokasi ini nantinya tak hanya diperuntukkan untuk budidaya ikan air tawar. Namun dicanangkan untuk menjadi lokasi agrowisata.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka.

“Dilokasi ini tak hanya diperuntukkan untuk tambak budidaya ikan air tawar. Namun juga untuk pertanian dan perkebunan. Artinya lokasi ini akan dijadikan sebagai lokasi agrowisata yang terintegrasi,” lanjutnya.

Kajari menuturkan dikarenakan keterbatasan anggaran, saat ini baru satu Poktan yang bisa tercover. Untuk itu, ia berharap di tahun 2022 mendatang Pemkab Banggai bisa menganggarkan untuk Poktan yang belum tercover.

“Saat ini, karena ABT sudah tidak ada baru satu poktan yang tercover. Di tahun 2022 mendatang, kami berharap Pemkab Banggai bisa menganggarkan untuk poktan yamg belum tercover. Program ini selaras dengan progran Pemkab Banggai, yakni 1 juta 1 pekarangan. Dan kalau dikelola dengan baik, program Pemkab 1 juta 1 pekarangan akan berubah menjadi 1 pekarangan berjuta-juta hasilnya,” tuturnya.

Selain itu, melalui program tambak budidaya ikan air tawar ini, ia berharap Desa Dongin bisa menjadi desa percontohan.

“Melalui program tambak budidaya ikan air tawar ini, kami berharap Desa Dongin bisa menjadi desa percontohan oleh desa-desa disekitarnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Dongin menambahkan dalam program tambak budidaya ikan air tawar Poktan dibentuk dengan sistem multifungsi.

“Poktan dibentuk dengan sistem multifungsi, artinya tak hanya dibidang perikanan, namun juga dibidang lainnya, diantaranya pertanian dan perkebunan. Harapannya agar kedepannya program ini bisa membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Desa Songin, khususnya terkait lapangan kerja,” tutupnya.

Menerima laporan tersebut, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, menegaskan bahwa Pemkab Banggai sangat mendukung progran Family Framing yang digalakkan oleh Desa Dongin.

“Program Family Framing memang kami gelorakan disetiap desa. Untuk itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program ini. Progran ini bila dikembangkan bersama maka Desa Dongin ini menjadi lokasi agrowisata. Dan akan sejajar dengan desa lain yang telah terlebih dahulu berhasil,” tandasnya.

Penyerahan dan penyebaran benih ikan ini turut dihadiri Wakil Ketua 1 DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar; Kadis PMD, Amin Jumail; Kadis Perikanan dan Kelautan, Benyamin Pongdatu; Kabag Prokopim, Ferry R. Ledder; Camat Toili Barat, Kades Dongin dan Poktan penerima benih ikan.(dewi)

 

 


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan