oleh

Rumah Gagasan Bareng KUA Andir Ciptakan Generasi Tanggap Bencana.

Bandung, MPI.

Gerakan untuk menciptakan gen-gen pencegah kebakaran dalam rumah tangga, pertama kalinya di Jawa Barat bahkan di Indonesia mulai di inisisasi Rumah Gagasan Bandung.

Bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung serta KUA Kecamatan Andir, Rumah Gagasan Bandung melakukan sosialisasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran di dalam rumah tangga kepada tiga pasangan calon pengantin di Kantor KUA Kecamatan Andir Jl Elang V No 25 Bandung, Sabtu (27/11).

Selain memberikan pengetahuan tentang upaya pencegahan kebakaran, Damkar Kota Bandung juga membagikan stiker pengingat resiko kebakaran serta peragaan penggunaan APAR.

” Hari ini kita datang ke Kantor KUA Kecamatan Andir untuk memberikan informasi kepada para calon pengantin, bagaimana caranya dikemudian hari saat mereka membina rumah tangga paham cara menanggulangi resiko kebakaran yang bisa merugikan mereka,” kata Cecep Kasi Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Damkar Kota Bandung.

” Jadi mulai hari ini kita akan menemui para calon pengantin, dan berharap bisa menghasilkan generasi baru pencegah kebakaran,” ucapnya.

Disampaikan Suprihatin petugas penghulu KUA bahwa hal seperti ini baru pertama kali dilaksanakan dan sangat berguna bukan hanya untuk calon keluarga baru tapi juga bagi generasi penerus.

Menurutnya, sosialisasi dalam upaya penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Damkar Kota Bandung dan Rumah Gagasan terus dilaksanakan dengan KUA Andir serta KUA Lainnya.

” Seandainya sosialisasi ini terus berjalan, mungkin akan lebih mengantisipasi dan mengurangi bahkan terbebas dari bencana kebakaran serta dapat menjaga keselamatan di dalam melindungi rumah tangga,” imbuh Suprihatin.

Kepada awak media, Kang Cakra dari Rumah Gagasan mengatakan gagasan kami bahwa pendidikan ataupun sosialisasi mengenai kebencanaan itu bisa dilakukan dimana saja, saat ini potensi kebakaran seringkali datangnya dari rumah tangga.

” Saat ini kami bekerjasama dengan Damkar Kota Bandung serta KUA Kecamatan Andir, kami ke akarnya dahulu dengan memberikan pemahaman kepada calon pengantin,” ungkap Cakra.

Kegiatan ini lanjut kang Cakra, diharapkan bisa diteruskan serta didukung oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai satu kebijakan atau persyaratan bagi calon pengantin yang akan menikah.

” Sekecil apapun usaha kita dalam mencegah dan mengurangi resiko bencana akan sangat berguna dikemudian hari, Rumah Gagasan Bandung mengerjakan hal biasa dengan cara luar biasa,” tutup Cakra.

Rie.

Punya akun DANA gak? Klik saja sekarang ada uang Rp.101 untuk 99 orang pertama KLIK DISINI DANA KAGET

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed