Pengobatan Gratis, Baksos Gemabudhi Kota Bekasi Sasar Masyarakat Rawalumbu

Kota Bekasi, MPI
Kalangan pemuda yang tergabung dalam Generasi Muda Buddhis (Gemabudhi) Kota Bekasi mengadakan bakti sosial beeupa pengobatan gratis dan pembagian kacamata yang juga gratis. Aksi kepedulian yang dilaksanakan di Wihara Dharma Jaya, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Minggu (16/1), ini disambut antusias masyarakat setempat yang mendatangi lokasi kegiatan untuk mengecek kesehatan mereka secara cuma-cuma.

Dalam pengobatan gratis ini, masyarakat yang datang bisa memeriksa kondisi tensi darah, gula darah, dan kadar kolesterol. Selain itu bagi masyarakat yang memiliki keluhan atau permasalahan pada mata, bisa juga berkonsultasi dengan tenaga medis yang disiagakan, dan selanjutnya masyarakat akan mendapatkan kacamata sesuai yang dibutuhkan.

Kesibukan sudah terlihat sejak pagi hari ketika acara baru dimulai. Masyarakat pun sudah berdatangan memenuhi bagian pendaftaran. Untuk menghindari penyebaran baru virus Covid-19, pihak panitia menerapkan protokol kesehatan bagi seliruhbpihak yang terlibat dalam bakti sosial ini, termasuk masyarakat yang datang wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke areal kegiatan.

Saat diajak berbincang, Ketua Gemabudhi Kota Bekasi Johanes Wijaya menjelaskan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian terhadap kondisi kesehatan masyarakat. “Kami bekerjasama dengan pihak Wihara Dharma Jaya dan stakeholder yang ada di lingkungan RW 02 Kelurahan Bojong Rawalumbu berupaya untuk berkontribusi terhadap lingkungan, salah satu diantaranya dengan upaya meningkatkan mutu kesehatan masgarakat,” ujarnya.

Johanes bersyukur karena bakti sosial ini mendapat respon yang antusias dari kalangan masyarakat. “Target kami hanya 200 masyarakat, ternyata yang datang dan mendaftar mencapai 250 peserta, kami bersyukur karena aksi yang kami lakukan ini mendapat respon positif dari masyarakat,” paparnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya menyiagakan sebanyak 5 orang tenaga medis yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan masyarakat. “Kami juga menyiapkan obat-obatan yang kami berikan secara gratis sesuai keluhan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat yang datang,” imbuhnya.

Johanes berharap kegiatan ini bisa mempererat sinergitas antara kalangan Buddhis dengan masyarakat sekitar untuk menjaga kerukunan umat beragama di Kota Bekasi. “Kita saling bersinergi, saling berkontribusi untuk kemajuan lingkungan dan yang utama adalah saling menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Kota Bekasi,” ungkapnya.

Dukungan diberikan sejumlah pihak untuk mensukseskan bakti sosial ini. Seperti yang disampaikan Ketua Gemabudhi Provinsi Jawa Barat Dariyanto yang juga hadir dalam kegiatan ini bersama Eddwin selaku Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi.

“Gemabudhi Jawa Barat hari ini melaksanakan bakti sosial di beberapa wilayah, bukan hanya di Kota Bekasi, tapi juga di wilayah Bogor juga ikut menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis. Tentunya kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat,” ungkap Dariyanto yang juga merupakan Ketua Fraksi Golkar Persatuan DPRD Kota Bekasi.

Dariyanto sepakat untuk tetap menjaga pluralisme di Kota Bekasi demi menciptakan lingkungan masyarakat yang aman, tertib dan kondusif. “Kita harapkan pluralisme yang ada tetap terjaga, sehingga masyarakat hidup aman, nyaman dan damai,” harapnya.

Apresiasi dan ungkapan terima kasih disampaikan Ketua RW 02 Kelurahan Bojong Rawalumbu Herman Sarkasih menyikapi adanya aksi kepedulian ini. Menurut dia, kegiatan ini memberikan manfaat positif untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat.

“Mewakili masyarakat disini, kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya pengobatan gratis seperti ini. Saya sangat yakin bakti sosial ini sangat bermanfaat, terbukti dengan antusiasme masyarakat yang datang ke lokasi pengobatan gratis ini,” katanya saat didampingi Ricky suardi atau Bang Epop selaku Ketua Unit Karang Taruna RW 02 Bojong Rawalumbu.

Menurut Herman, bakti sosial seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di lingkungan masyarakat RW 02 Kelurahan Bojong Rawalumbu. “Makanya kami tentunya snagat berharap kegiatan ini jangan hanya sekali ini dilaksanakan tapi dapat dilaksanakan secara berkesinambungan karena memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat,” ujarnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan