TNI AL Lanal Lhokseumawe Bina Nelayan Aceh Utara dan Lhokseumawe Sadar Hukum Melalui Giat Komsosmar

MediaPATRIOT – Lhokseumawe,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe kembali melakukan kegiatan Komunikasi Sosial di Bidang Maritim (Komsosmar) kepada masyarakat nelayan dan Panglima Laot se Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan Komsosmar tersebut dibuka langsung oleh Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah dan sekaligus memberikan beberapa penekanan terkait hubungan antara TNI AL dengan nelayan dalam rangka Dawilhanla bertempat di Gedung Pusat Pelatihan (Puslat) seleksi masuk TNI-AL di Rancung, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Senin (14/3/2022).

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menyampaikan, tujuan mengumpulkan para Panglima Laot untuk silaturahmi sekaligus Sosialisasi Hukum Laut dan Batas Wilayah Perairan Indonesia.

Kemudian tentang tugasnya Lanal di Aceh termasuk tugas keamanan laut dan berupaya menjadikan para Panglima Laot sebagai mitra TNI AL, serta tentang bela negara kepada masyarakat khususnya daerah pesisir.

“Kita juga mengundang DKP, KSOP, Ditjen Perikanan untuk memberikan Sosialisasi Hukum Laut, UU Perikanan dan UU Pelayaran kepada Panglima Laot dan masyarakat nelayan, sehingga menjadikan pemahaman penting yang harus diketahui setiap nelayan agar tertib administrasi dalam rangka menjaga keselamatan nelayan di laut,” kata Kolonel Marinir Dian.

Sementara itu, dari perwakilan Ditjen Perikanan, Benny Isral Putra memberikan materi undang-undang perikanan dan peraturan pemerintah lainnya terkait perikanan tangkap dan penggunaan alat tangkap.

Perwakilan KSOP Lhokseumawe, Dedy juga menyampaikan materi tentang undang-undang pelayaran dan tata cara pengurusan surat-surat kapal kepada nelayan dan menjelaskan bagaimana keabsahan surat, siapa yang mengeluarkan surat keterangan kapal ikan tangkap bagi nelayan.

Usai kegiatan Komsosmar, Danlanal Lhokseumawe memberikan jaket pelampung atau life jacket yang diterima oleh perwakilan Panglima Laot Aceh Utara dan Lhokseumawe untuk digunakan ketika melaut sebagai sarana keselamatan diri apabila kapal mengalami kecelakaan di laut, serta dilanjutkan foto bersama.

Danlanal juga menambahkan, kegiatan Komsosmar ini berlanjut ke daerah lainnya, besok pada hari Selasa (15/3) dilaksanakan bersama Panglima Laot di Aceh Timur.

Hadir juga dari Tim Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lhokseumawe, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Lhokseumawe, Staf Ahli Walikota Lhokseumawe, Ditjen Perikanan, Kalabuh PPI Pusong DKP Pusong dan Perwira Staf Lanal.

(Pen Lanal Lhokseumawe) red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan