Jajaran Pangkalan TNI AL Palembang Berhasil Selamatkan Kapal Asing Terkena Badai Laut

MediaPATRIOT.CO.ID – Palembang,- Prajurit Lanal Palembang berhasil menyelamatkan kapal asing Yatch berpenumpang warga negara Australia yang terkena badai saat berlayar di alur Perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Minggu (3/4/2022).

“Bintara Potmar Lanal Palembang bersama KSOP Jambi berhasil melaksanakan pandu dan evakuasi terhadap kapal asing tersebut lalu bersama nelayan langsung menuju alur untuk melakukan SAR, sementara itu pihak KSOP juga berusaha memandu kapal asing tersebut agar masuk alur Nipah Panjang,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko.

Seluruh penumpang dalam kondisi selamat, dan sementara lego jangkar di Pos Binpotmar Nipah Panjang.

Setelah diselamatkan, diperoleh data kapal jenis Yacht Sun Trek, bendera Thailand, penumpang 2 orang warga negara Australia, Tonage 16.32 GT, tujuan berwisata ke Australia dengan rute Pattaya-Batam-Dabo Singkep-Jakarta-Semarang-Surabaya-Timor Leste- Papua-Australia.

Sedangkan pengawak nahkoda Mr. Troy James Wild warga Negara Australia dan ABK Blake James Wild (anak dari Mr. Troy James Wild), warga negara Australia.

Komandan Lanal Palembang menjelaskan, awalnya pada Minggu pukul 09.57 WIB, Koordinator wilayah Binpotmar (Pembina Potensi Maritim) Nipah Panjang Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi mendapat laporan dari nelayan bahwa ada kapal asing terkena angin badai di laut dan berusaha berlindung dengan masuk ke alur Perairan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Setelah mendapat laporan tersebut, Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi segera melaporkan ke Komando Atas dan melakukan koordinasi melalui voice radio kepada KSOP Jambi untuk melaksanakan pandu dan evakuasi terhadap kapal asing tersebut. Bersama nelayan, mereka langsung menuju alur untuk melakukan SAR, sementara itu pihak KSOP juga berusaha memandu kapal asing tersebut agar masuk alur Nipah Panjang.

Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko mengapresiasi kesigapan prajurit jajarannya yang secara cepat mengambil langkah dalam menangani kejadian tersebut.

“Ini merupakan langkah antisipatif yang cepat dari jajaran Lanal Palembang yang bersinergi dengan KSOP untuk mengatasi kejadian yang dapat berakibat jatuhnya korban jiwa jika tidak secara cepat dan tepat mengambil langkah” ujar Komandan Lanal Palembang bangga.

Ia juga mengungkapkan rasa bangganya, jajarannya hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat pengguna laut.

“Upaya penyelamatan ini sebagai implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar melibatkan segala potensi yang ada baik personel maupun alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” ujar Komandan Lanal Palembang menegaskan.

(Pen Lanal Palembang) Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan