Tim F1QR Lanal Palembang Evakuasi Kapal Nelayan Indramayu Tenggelam Di Perairan Selat Bangka

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Palembang,- TNI AL melalui Tim F1QR Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang berhasil mengevakuasi kapal nelayan asal Indramayu yang mengalami kecelakaan dan tenggelam disekitar Selat Bangka, Senin (11/4/2022).

Tim F1QR Lanal Palembang merespon dengan cepat laporan dari TB Bina Ocean 20 yang sempat memberikan pertolongan awal kecelakaan laut tenggelamnya kapal nelayan asal Indramayu di 65 NM Selatan Selat Bangka pada koordinat 04⁰ 16′ 62″ S – 107⁰ 51′ 913″ E.

Informasi dari kapten TB Ocean 20 sebuah kapal nelayan tenggelam dan meminta pertolongan dengan kondisi gelombang laut mencapai 1,25 – 2,5 M.

Setelah ± 2 jam pencarian berhasil menemukan 9 orang ABK dalam keadaan selamat dan 1 orang tidak berhasil ditemukan dan dinyatakan hilang bernama Ato.

Sedangkan ABK yang selamat diantaranya Karim (Nahkoda), Buchori (KKM), Andiana (ABK), Anda Lesmana (ABK), Ferdi Fernando (ABK), Mustafa M(ABK), Abdul Karim (ABK), Giri Purnama (ABK), dan Eko P (ABK).

Faktor cuaca buruk dan tingginya gelombang laut saat itu selanjutnya TB Bina Ocean 20 sementara melanjutkan perjalanan dan penjemputan korban yang selamat dilanjutkan Tim F1QR Lanal Palembang dan mengevakuasi menuju Palembang.

Komandan Lanal Palembang yang telah mengerahkan Tim F1QR dengan Patkamla Musi untuk menjemput korban selamat dengan titik penjemputan di Perairan Pulau Salah Nama untuk selanjutnya Tim Medis Lanal Palembang melaksanakan pemeriksa kondisi kesehatan para korban yang selamat dan selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Sosial Sumatera Selatan yang akan menangani lebih lanjut.

Tindakan yang dilakukan jajaran Lanal Palembang merupakan implementasi dari perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI AL harus memberikan kerja nyata yang bermanfaat terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

“Kita turut prihatin atas musibah yang menimpa kapal nelayan asal Indramayu ini namun kita juga bersyukur sebagian besar ABK dapat dievakuasi dengan selamat, meski masih ada 1 ABK lagi yang belum berhasil ditemukan,” ujar Komandan Lanal Palembang.

(Pen Lanal Palembang) Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan