Setelah Lama Ditiadakan, Pemkot Bekasi Kembali Gelar Car Free Day

Kota Bekasi – MPI Menimbang sudah berkurangnya dan landainya kasus Covid-19 serta capaian presentase vaksinasi yang sudah tinggi, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memutuskan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di ruas jalur protokol Jl. A. Yani sampai dengan Bundaran Summarecon Kota Bekasi akan kembali digelar dan dibuka pada Minggu tanggal 29 Mei 2022.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat Apel Senin Pagi yang lalu di depan para Aparatur Pemerintah Kota Bekasi, maka sebagai penanggungjawab pelaksanaan CFD, DLH akan mempersiapkan segala teknis pelaksanaannya agar berjalan aman dan tertib.

“Saat Apel Senin Pagi lalu, Plt. Wali Kota menyampaikan untuk menggelar kembali CFD di hari Minggu ini (29/05/2022), mengingat kasus Covid-19 sudah berkurang banyak, maka kami hari ini (Selasa, 24/05/2022) menggelar rapat persiapan bekerjasama dengan Perangkat Daerah terkait membahas teknis pelaksanaanya, sehingga saat hari H nanti CFD Kota Bekasi siap 100% dari mulai pengamanannya, penjagaan, penertibannya, dsb,” ungkap Yayan Yuliana Kepala DLH Kota Bekasi.

Selain kasus aktif Covid-19 Kota Bekasi yang sudah berkurang dan tidak ada peningkatan yang signifikan, minat warga yang berharap CFD dibuka kembali pun sangat tinggi karena memang CFD dijadikan titik kumpul untuk berolahraga, bermain, serta melepas penat setelah seminggu bekerja.

“Memang warga sudah banyak yang menanyakan kapan CFD akan digelar kembali, dan sekarang ini momennya dirasa sudah begitu tepat dengan menimbang berbagai hal, apalagi DKI Jakarta juga sudah membuka lagi CFD, maka Insya Allah kami pun akan kerahkan persiapan maksimal agar warga dapat menikmati kembali CFD dengan aman dan tertib untuk olahraga ataupun hanya sekedar jalan-jalan,” tambah Yayan.

Terkait berapa jam lamanya CFD akan berlangsung serta apakah akan ada pedagang yang berjualan atau tidak, Yayan pun menambahkan, “tidak berbeda dengan sebelumnya, CFD dimulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 09.00, dan untuk pedagang ada yang berjualan, namun ditata sedemikan rupa agar teratur dan tidak membludak, karena tetap kami perlu mencegah kerumunan yang sangat padat sehingga CFD tetap tertib,” ucap Yayan.

Yayan pun kembali menuturkan, “personil kebersihan DLH pun akan siap dikerahkan untuk kebersihan lingkungan tentunya, begitupun personil Dishub untuk mengatur lalu lintas sehingga benar-benar bebas dari kendaraan bermotor serta juga menjaga selama penutupan jalan, dan Satpol PP yang akan menjaga dan mengamankan.”

Tidak ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan bukan berarti kendor terhadap protokol kesehatan. Tetap memakai masker dan menjaga jarak. Pemkot Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) juga akan dibuka booth vaksinasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung CFD.

“Memakai masker pun penting karena Presiden Jokowi pun berpesannya silahkan membuka masker di ruang terbuka, namun di saat tidak padat orang, maka usahakan lah tetap memakai masker untuk kesehatan diri sendiri begitu pun dengan menjaga jarak. Booth vaksinasi juga akan ada dari Dinkes, serta akan ada pemeriksaan suhu tubuh di titik masuk CFD,” ucap Yayan.

Terakhir seraya mengajak, Yayan menyampaikan, “silahkan kepada siapapun warga Kota Bekasi datang dan kembali manfaatkan CFD, tapi jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya serta penting untuk kurangi sampah plastik, dan tertib agar semua pengunjung merasa nyaman,” pungkas Yayan.

(PUT/NDOET/Yadi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan