Indramayu, MPI.co.id

Petani di Desa Kedokangabus, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Pihak Desa Kedokangabus bekerja sama dengan petani berencana membangun agrowisata perkebunan melon. Namanya Agro Melinda, akronim dari Agrowisata Melon Indramayu.

Agro Melinda ini dirintis oleh salah seorang petani muda yakni Saruja. gagasan Saruja pun langsung direspon Pemdes Kedokangabus.

Saruja pun menggarap perkebunan melon sudah enam bulan lamanya , rupanya Saruja , berhasil mengelola beberapa jenis melon.

“Hari ini perkebunan melon saya panen. Ya panen perdana. Ternyata budidaya melon di sini cukup luar biasa. Hasilnya bisa kita katakan mampu bersaing dengan daerah lain,” ungkap Saruja

Saruja berhasil menyulap ladangnya seluas sekitar satu hektare menjadi perkebunan melon. Rencananya perkebunan melon akan dikembangkan hingga 10 hektare. Saat ini pengelola tak mematok harga bagi pengunjung yang ingin berwisata.

“Sekarang wisata, petik, timbang dan bayar,” kata Saruja, perkebunan melon bisa menjadi alternatif petani di Kedokangabus. Terlebih lagi, tanah di Kedokangabus .

“Kita sudah buktikan melon. Ada melon jenis golden alysa, madesta dan black salsa,” kata Saruja.

Sementara itu, Kepala Desa Kedokangabus Raswa mengaku telah memiliki rencana untuk mengembangkan Agro Melinda di Kedokangabus.

Bahkan, tak hanya wisata memetik melon. Wisata edukasi terkait melon dan pertanian jenis lainnya pun akan dikembangkan, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa pihaknya akan berkolaborasi dengan petani untuk mengembangkan Agro Melinda.

Semula memang kurang mengenal (melon). Ternyata tanah di sini cocok. Gerakan ini dimotori Pak Suraja, semoga kelompok lain bisa mengembangkan perkebunan melon.

Mudah-mudahan, perkebunan melon ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Kemudian, bisa meningkatkan minat pemuda untuk bertani,” ujar Raswa
Deswin / maman


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan