Rumah KitaB Selenggarakan Forum Diskusi Multi Stakeholders Untuk Mendukung Perempuan Bekerja di Hotel Harris Summarecon Kota Bekasi

KotaBekasi, mediapatriot.co.id – Rumah Kita Bersama disingkat Rumah KitaB, atas dukungan Investing In Women, telah mengadakan kegiatan “Forum Diskusi Para Pihak dalam Mendukung Hak Perempuan Bekerja” di wilayah Bekasi. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Agustus 2022, berlokasi di Hotel Harris Komplek Summarecon Kota Bekasi.

Achmat Hilmi, Lc., M.A.

Kegiatan ini memfasilitasi diskusi multi stakeholders di Bekasi dalam memecah problem dan tantangan dalam pemenuhan hak perempuan bekerja.
Kegiatan ini dihadiri multi stakeholder dari empat sektor, yaitu pemerintah dan DPRD, Dunia Usaha dan Serikat Pekerja, Organisasi Keagamaan, Media.

Kluster Pemerintah
Kluster Pemerintah

Kluster Pemerintah, DPRD, yang hadir terdiri dari KPUD KOta Bekasi, DPRD Kota Bekasi termasuk dari Partai HANURA, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi, Dinas PPPA Kabupaten Bekasi, Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Dinas Sosial Kota Bekasi, Kementerian Agama Kota Bekasi, Ketua PERADI Otto Hasibuan Kota Bekasi.

Kluster Dunia Usaha
Kluster Dunia Usaha

Kluster Dunia Usaha yang hadir yaitu Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bekasi, FSBPI (Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia), Kelompok Usaha Al-Mughni Sa’diyah, PT. Go Trans Internasional,, dan beberapa enterpreneur.

Kluster Keagamaan dihadiri anggota DMI (Dewan Masjid Indonesia) Bekasi, Ketua Muslimat Kabupaten Bekasi, Lembaga Bahsul Masail (LBM) Kabupaten Bekasi, PC Fatayat Kota Bekasi, para Penyuluh Agama perempuan dari KUA Medan Satria, Penyuluh KUA Rawa Lumbu, KUA Pondok Melati, Pesantren YAPINK, INISA.

Kluster Media

Kluster media dihadiri oleh mediapatriot.co.id dan beritampi.com
Di antara hambatan utama perempuan bekerja yang mengemuka dalam diskusi yaitu stigma sosial yang menghambat di ruang kerja yang muncul di kalangan perempuan sendiri, misalnya pekerja laki-laki mendukung perempuan pekerja membawa serta anak mereka yang masih balita, namun pekerja perempuan yang berada di dalam lingkungan kerja justru tidak mendukung pekerja perempuan membawa serta anak mereka.

Problem lainnya yaitu lemahnya dukungan kelompok agama terhadap komunitas perempuan, lemahnya kesadaran pemerintah dalam melihat dan mendengarkan aspirasi-aspirasi kaum buruh, lemahnya implementasi UU ketanagakerjaan, kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan pekerja, tidak adanya infrastruktur pendukung perempuan pekerja, misalnya ruang bermain anak di tempat kerja, dan tidak adanya ruang laktasi, juga rumitnya prosedur cuti haid dan cuti hamil di ruang kerja terutama di sektor industri.
Beberapa bentuk usulan dukungan yang diusulkan para peserta yaitu sosialisasi regulasi ketenagakerjaan di berbagai sektor misalnya di sektor serikat kerja, masyarakat, komunitas keagamaan, dan dunia usaha.

Dukungan lainnya yaitu keaktifan Dinas PPPA di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi dalam memberikan instruksi dan permintaan kepada kelompok dunia usaha untuk menghadirkan kebutuhan-kebutuhan pendukung pekerja perempuan, termasuk infrastruktur ramah perempuan, dukungan anggaran yang berpihak pada pekerja perempuan.
Para peserta menyepakati kerja-kerja kolaborasi lintas sektor amat penting dalam mendiskusikan berbagai problem keagamaan, problem hukum, problem sosial, dan lainnya. Hamdanil Asykar atu yang kebih di kenal Bang Danil Pemimpin Redaksi Mediapatriot.co.id menyampaikan bahwa Rumah KitaB sudah mengawali kerja-kerja kolaborasi lintas sektor dalam mendukung perempuan bekerja, yang paling penting adalah melanjutkan upaya komunikasi lintas sektor yang selalu terhubung mendialogkan banyak persoalan pekerja perempuan.

Dan mediapatriot.co.id sebagai media online nasional yang berkedudukan di Kota Bekasi akan senantiasa memberitakan berbagai kegiatan yang berkontribusi penting dalam mendukung pekerja perempuan.(Redaksi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan