Wenny Haryanto Apresiasi Semangat Masyarakat Jatiasih Dukung Program Percepatan Penurunan Stunting

Kota Bekasi, MPI
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH memberikan respon positif terkait antusias masyarakat di Kota Bekasi untuk bersama-sama menngurangi jumlah penderita Stunting. Tingginya semangat masyarakat terlihat dalam kegiatan Sosialisasi Program Percepatan Penurunan Stunting yang digelar di wilayah Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (9/9).

Selain Dra Hj Wenny Haryanto, SH, juga terlihat hadir menyampaikan pemaparan tentang Stunting, antara lain Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Angela Sri Melani Winyarti, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi, Marisi. Terlihat juga Camat Jatiasih Ashari beserta Lurah Jatirasa Dedi Suhadi, Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio, tokoh masyarakat yang juga Ketua Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Jatiasih Karya Ahmad, serta para pengurus lingkungan setempat.

Sementara itu, peserta yang hadir sebanyak 200 orang dalam kegiatan sosialisasi ini berasal dari kalangan pengurus PKK, kader Posyandu, serta stakeholder lainnya. Sosialisasi ini dirangkai dengan dialog interaktif, yang membuka kesempatan bagi peserta untuk bertanya demi mendapat wawasan dan pengetahuan penting terkait Stunting.

Seperti biasa, beragam hadiah hiburan atau doorprize juga disiapkan untuk masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini. Mulai dari beragam perlengkapan elektronik, hingga doorprize utama berupa satu unit sepeda.

Antusiasme masyarakat yang hadir ini ternyata menambah semangat bagi Wenny Haryanto saat menyampaikan pemaparannya terkait Stunting dan gejala-gejalanya. Menurutnya, Stunting yang merupakan suatu kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak pada anak akibat kekurangan gizi dalam kurun waktu yang lama.

Wenny Haryanto menjelaskan pada Januari 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Terbatas rapat terbatas antara Presiden dengan BKKBN. Rapat Terbatas ini membahas upaya penurunan angka Stunting yang ditargetkan mencapai 14 persen pada tahun 2024 mendatang.

Melalui sosialisasi ini, Wenny Haryanto mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung Program Percepatan Penurunan Stunting demi menyambut tahun keemasan bangsa ini dengan memanfaatkan bonus demografi yang akan dijelang pada kurun tahun 2030-2040.

“Kita sebagai orangtua memiliki tanggung jawab besar untuk mendidik dan membesarkan generasi-generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas, agar bonus demografi ini memberikan anugerah bagi bangsa yang kita cintai ini,” papar Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI meliputi wilayah Kota Bekasi dan Kota Depok.

Ajakan serupa juga disampaikan Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Angela Sri Melani Winyarti. “Stunting tidak bisa diselesaikan BKKBN saja, tapi butuh dukungan dari seluruh institusi pemerintahan lainnya dan stakeholder yang ada di lingkungan masyarakat,” katanya.

Menurut Angela, pencegahan Stunting harus dilakukan dsri semua fase kehidupan. “Dimulai dari fase remaja, fase pra konsepsi atau menjelang pernikahan, fase kehamilan, fase menyusui, hingga fase saat menjadi orangtua dari anak yang berusia 0 hingga 59 bulan,” ulasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi, Marisi mengungkapkan adanya penurunan angka penderita Stunting di Kota Bekasi. “Capaian penurunan saat ini hingga angka penderita Stunting yang ada sekitar 13 persen, dan kami akan berupaya mewujudkan capaian penurunan Stunting hingga 7 persen pada tahun ini,” jelasnya.

Adanya sosialisasi ini mendapat respon positif dari kalangan masyarakat yang hadir. Seperti yang disampaikan Ketua RW 02 Kelurahan Jatirasa, Bani.

Menurut Bani, dengan sosialisasi ini masyarakat menjadi mengerti dan memahami tentang Stunting dan pencegahannya. “Alhamdulillah masyarakat akhirnya mendapatkan edukasi melalui sosialisasi yang digelar Ibu Wenny Haryanto dari Komisi IX DPR RI bersama pejabat-pejabat dari BKKBN Jawa Barat dan DPPKB Kota Bekasi. Saya yakin dan optimistis sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan