Riset Sindikasi MarkPlus Ungkap Tempat Kerja Ideal Ala Gen Z, Selain Kementerian BUMN dan Pertamina, Apalagi?

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 13 September 2022 — Hasil riset sindikasi yang diterbitkan oleh MarkPlus QuickSurvey dengan tajuk Employer Branding Index 2022 menguak beberapa fakta menarik soal tempat kerja ideal yang didambakan oleh Generasi Z. MarkPlus QuickSurvey melibatkan 1150 Gen Z rentang usia 18 hingga 25 tahun dengan latar belakang mahasiswa, fresh graduate, serta first jobber dengan maksimal dua tahun pengalaman bekerja.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait pendapat generasi muda terhadap tempat kerja, MarkPlus memetakan generasi muda berdasarkan preferensi, ekspektasi, serta pendapat mereka terkait lembaga atau perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

“Gen Z merupakan target tenaga kerja utama mengingat saat ini mereka telah memasuki masa produktif dalam meniti karir,” ujar Aniza Nurfebriany, Manager MarkPlus QuickSurvey pada 12 September 2022.

“Dengan demikian, mempelajari pandangan mereka mengenai tempat kerja yang ideal menjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan lembaga atau perusahaan dalam mengakuisisi tenaga kerja,” tambahnya.

Riset ini dilakukan melalui online survey, para peneliti menemukan bahwa Kementerian BUMN memperoleh nilai indeks yang paling tinggi, disusul oleh Astra Honda Motor, Astra

International, Toyota Astra Motor, dan Shopee. Sementara yang menduduki urutan keenam hingga kesepuluh antara lain adalah Kementerian Kesehatan, Unilever, Pertamina, BCA dan BRI.

Sumber: MarkPlus Analysis, 2022.

Kementerian BUMN menduduki peringkat pertama sebagai tempat kerja paling diminati oleh generasi muda, terutama mahasiswa dan fresh graduates. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah nilai atau values BUMN yang koheren dengan citra perusahan yang baik. “BUMN unggul sebagai jenis lembaga atau perusahaan yang paling diminati Gen Z salah satunya karena mengadopsi AKHLAK sebagai core values mereka,” ujar Aniza. Core values merupakan identitas atau perekat budaya kerja sementara AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Perhitungan riset ini dilalui dengan empat parameter, diantaranya seberapa besar Gen Z mempertimbangkan perusahaan tersebut sebagai tempat bekerja. Kementerian BUMN menduduki peringkat paling atas yang dipertimbangkan oleh baik mahasiswa, first jobber, atau fresh graduate.

Selain itu, parameter lain yang juga digunakan dalam riset ini adalah seberapa besar intensi mahasiswa untuk melamar suatu perusahaan. Hasil riset ini juga didukung oleh beberapa parameter lainnya, seperti seberapa besar rekomendasi yang diperoleh individu atas perusahaan atau lembaga tersebut.

Suatu hal yang umum bagi mahasiswa sebelum menjajaki jenjang karir adalah mencari rekomendasi dari beberapa pihak yang dirasa lebih berpengalaman. Tak ayal, Kementerian BUMN ditemui menjadi satu lembaga yang paling sering direkomendasikan. Salah satu faktornya atas core values serta budaya kerja Kementerian BUMN yang berlandaskan AKHLAK.

Parameter terakhir yang diterapkan dalam survei ini adalah bagaimana persepsi serta image perusahaan di khalayak umum. Parameter ini terdiri dari berbagai faktor seperti seberapa besar self development yang bisa diperoleh Generation Z, seperti apa budaya kerja yang dikenal khalayak umum dari perusahaan tersebut, hingga seberapa besar benefit yang bisa diterima oleh karyawan.

Dengan kemudahan media sosial serta adanya platform-platform yang berfokus pada pengembangkan karir, hal ini memudahkan Gen Z untuk mengakses informasi mengenai ulasan perusahaan dari karyawan di seluruh perusahaan yang ada di tanah air. Tak hanya culture perusahaan, bahkan mahasiswa mampu mengakses informasi layaknya gaji dan benefit yang dibuat privat oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia.

Kemudahan akses yang ada juga menjadi pendorong bagi berbagai perusahaan untuk berupaya memperbaiki citra nya, tak lain untuk mendatangkan talent atau karyawan dari Generation Z yang saat ini dinilai sebagai generasi paling produktif di antara generasi lainnya.

Di samping sepuluh perusahaan ternama ini, MarkPlus QuickSurvey juga akan merilis hasil riset mengenai jenis tempat kerja favorit Gen Z serta pertimbangan utama Gen Z dalam memilih tempat bekerja. Hasil riset Employer Branding Index 2022 dapat diakses secara lengkap melalui bit.ly/MEBI22.

(red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan