Gelar Sosialisasi Bareng Kemenkes, Wenny Haryanto Ingin Pemerintah Satu Komitmen Sediakan Fasilitas Layanan Kesehatan Prima

Kota Bekasi, MPN
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH kembali mengunjungi wilayah Kota Bekasi. Kali ini, kunjungan Legislator Senayan ini dalam rangka menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Fasilutas Pelayanan Kesehatan di Kota Bekasi yang dilaksanakan di Tentang Rasa Cafe, Kecamatan Medansatria, Jumat (16/9).

Terlihat hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, yakni Ketua Tim Kerja Kalibrasi Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rahmat Nugroho, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Vini Adiani Dewi, dan Kepala Puskesmas Medansatria dr Iis Fatimah. Selain itu nampak hadir Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio, Direktur Rumah Sakit Bunda Citra Harapan dr Mira, dan tokoh perempuan Kota Bekasi Sukmawati Sultan.

Selama sosialisasi berjalan, sebanyak 200 peserta dari kalangan pengurus TP PKK, kader Posyandu serta tokoh masyarakat setempat yang hadir nampak antusias mendengarkan pemaparan yamg disampaikan para narasumber. Terlebih lagi kegiatan ini dirangkai dengan dialog interaktif yang dimanfaatkan para peserta untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka terkait pelayanan kesehatan.

Saat memulai pemaparannya, Dra Hj Wenny Haryanto, SH menyatakan kesehatan merupakan kebutuhan dasar rakyat dan pemenuhannya dijamin oleh negara. “Sehingga pembangunan di bidang kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” ulasnya.

Menurut Wenny Haryanto, perlu adanya satu komitmen yang kuat dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh Rakyat Indonesia. “Fasilitas pelayanan kesehatan tersebut termasuk tersedianya formasi tenaga kesehatan di setiap pelayanan kesehatan, terdapatnya industri nasional untuk peralatan Rumah Sakit, farmasi, dan obat-obatan, sistem jaminan kesehatan nasional yang memastikan bahwa seluruh Rakyat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang saat ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, serta alokasi anggaran kesehatan yang tepat sasaran dan tepat manfaat,” papar Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VI meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok.

Wenny lalu menegaskan, pembangunan di bidang kesehatan harus diarahkan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh Rakyat Indonesia. “Sesuai dengan tugas dan fungsinya maka Komisi IX DPR RI melaksanakan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan dan fungsi pengawasan terhadap sebagian pelaksanaan tugas pemerintah dalam hal ini yang dilaksanakan mitra Komisi IX,” ungkapnya.

“Komisi IX DPR RI dalam menjalankan fungsi anggarannya, ikut mencermati dan mempertajam kebijakan Pemerintah dalam mengalokasikan anggaran kesehatan dari APBN. Sebagai Anggota Komisi IX, saya selalu mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh para mitra Komisi IX. Bentuk kegiatan tersebut salah satunya kegiatan Sosialisasi atau Komunikasi, Informasi dan Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Bekasi, yang diselenggarakan bersama untuk melaksanakan program-program kerja mitra dan Komisi IX, seperti yang hari ini kita laksanakan, terselenggara berkat kerjasama antara Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Komisi IX DPR RI,” papar Wenny menambahkan.

Wenny juga menyampaikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diatur dalam Instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. “Aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” katamya.

Secara umum, jelas Wenny, tujuan Germas adalah menjalani gaya hidup sehat dengan perilaku hidup bersih, olahraga teratur, tidur yang cukup, menerapkan pola makan yang sehat, serta mengelola stress secara baik dengan selalu melakukan tindakan yang membuat hati selalu positif akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan dan Imunitas hingga peningkatan produktivitas. “Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehatadalah terciptanya kebahagiaan diri dan lingkungan yang bersih serta sehat, sehingga menyebabkan berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” tegasnya.

Menutup pemaparannya, Wenny berharap kegiatan ini menjadi langkah atau upaya yang penting dalam mengendalikan laju peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. “Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan upaya kesehatan masyarakat yang diharapkan hasilnya berupa kesadaran, kemauan dan konsistensi pembentukan perilaku masyarakat yang disiplin terhadap Germas, dan sehingga imunitas tubuh kita semua menjadi relatif lebih meningkat dan relatif lebih aman dari ancaman penularan penyakit berbahaya untuk generasi yang kuat dan produktif di masa depan,” pungkasnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan