oleh

Pupuk Organik Ramah Lingkungan, Satgas Citarum Sektor 22 Olah Kohe Dengan Bios 44 DC.

Bandung Barat, MPN.

Teknologi Pertanian ramah lingkungan adalah teknologi yang tidak merusak lingkungan tetapi menghasilkan produktivitas tinggi dengan mengedepankan keamanan ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Baca Juga : AYU TINGTING KENA SOROTAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca Juga : VIRAL JENAZAH (MAYAT) DI ANGKUT OJEK (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Salah satu teknologi pertanian ramah lingkungan adalah pupuk organik. Pupuk organik mampu memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Sumber bahan organik itu sendiri dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, atau limbah ternak.

Menyikapi hal tersebut, Dansub 16 Sektor 22 Citarum Harum Serma Dodi memberdayakan kotoran hewan (kohe) sapi yang selama ini tidak dimanfaatkan.

Kotoran hewan (kohe) sapi sebenarnya memiliki nilai manfaat yang signifikan dan dapat dijadikan pupuk kompos, yang mampu menjaga kesuburan tanah dan bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian, baik kualitas maupun kuantitas hasil pertanian tersebut dan disisi lain dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Senin, (26/09).

“ Pupuk kompos berbahan baku limbah kotoran sapi yang diberdayakan oleh Serma Dodi, memanfaatkan teknologi biologi cairan Bios 44 DC, yang merupakan inovasi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, dengan cara mencampurkan cairan Bios 44 DC dengan kotoran sapi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Serma Dodi saat dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, bahwa pemberdayaan kotoran sapi tersebut bermula dari banyaknya tumpukan kotoran sapi di wilayah penugasannya, yaitu Lembang. Banyak anggota masyarakat di Lembang yang beternak sapi dan kotoran sapi tersebut tidak dimanfaatkan, dibiarkan begitu saja sehingga mencemari lingkungan.

Dampak limbah kotoran sapi sangat terasa apabila di saat turun hujan, kotoran sapi bisa terbawa hanyut ke sungai dan mengakibatkan aroma yang tidak sedap.

Untuk mengatasi situasi tersebut, Dodi melakukan percobaan mencampur Bios 44 DC dengan kotoran sapi, dengan cara disiramkannya.

Kemudian kotoran sapi yang sudah dicampur Bios 44 DC tersebut, dibiarkan beberapa saat dan dijadikan pupuk tanaman. Dari percobaan yang dilakukannya ternyata hasilnya cukup memuaskan.

Tumbuhan yang diberi hasil olahan kotoran sapi dicampur cairan Bios 44 DC jauh lebih subur, dan hasil panennya cukup memuaskan dengan hasil yang lebih banyak.

Ditambahkan Kapendam, penggunaan kotoran sapi menjadi pupuk untuk kesuburan tanah tidak hanya akan melestarikan lingkungan, tetapi juga meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi dari kotoran sapi.

Pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk organik selain ramah lingkungan juga tidak memerlukan biaya tinggi, sehingga menguntungkan bagi peternak.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie.

Hubungi Redaksi / Bagian Iklan di Whatsapp Center 08999208174

Baca Juga : SEEKOR HARIMAU SERANG DOKTER HEWAN DI TAPSEL (MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Baca Juga : KODIM 0504 /JAKARTA SELATAN BERSAMA HIPMI GELAR BAKTI SOSIAL DAN VAKSINASI (BERITAMPI.COM)

Sejarah Berdirinya Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id

Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id didirikan oleh Hamdanil Asykar pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.220G Bulak Kapal Bekasi Timur dan Berbadan Hukum PT. GABUSELA (PT. GALIBUMI SEKAR LANGIT).

Namun dengan adanya peraturan baru dari Dewan PERS harus berbadan Hukum PT dibidang khusus Media maka dibuatlah PT baru dengan nama PT. MEDIA PATRIOT INTERNASIONAL dengan alamat yang sama.

Hamdanil Asykar selaku pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI Bandung Jawa Barat dengan Tingkat Muda dan segera mengikuti jenjang berikutnya yaitu Madya dan Utama sebagai syarat mutlak Pemimpin Redaksi Media Online harus sudah mengikuti UKW sampai tingkat utama.

Nilai DA 57 dan PA 36 media online nasional www.mediapatriot.co.id otomatis mempunyai harga iklan / backlink yang tinggi yaitu Rp.5.000.000,- (NEGO) / Tayang.

Di ulang tahunnya yang ke 10 mulai tahun 2022 media online nasional www.mediapatriot.co.id memberikan apresiasi kepada para pengusaha UMKM mendapatkan diskon iklan / backlink mulai dari 10% sampai 90% sehingga bisa memberikan Brand kepada semua UMKM bisa dikenal keseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. (REDAKSI)



UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1443 H / 2022 M DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH / SWASTA :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *