Peringatan Hari Jadi Indramayu

Indramayu, MPI.co.id

ketua panitia harijadi pegang obor,
“Makna Obor bagi masyarakat Indramayu.”
Obor blarak adalah tradisi leluhur Indramayu untuk membantu menerangi jagat peteng meski cuma sekejap. “obor blarak” maknanya mung seneng sexelatan. Peringatan hari jadi Indramayu ditandai dengan pawai obor.

Ini artinya mengingatkan kita agar masyarakat terus punya semangat dalam hidup dan menanggulangi kemakmuran. Semangat masyarakat kudu di yalakan dengan api obor sehingga selalu habgat. Tapi masyarakat sing seneng jangan mung sedelatan aja kaya obor blarak madangi sedelat trus petrng maning.

Sepertinya ini kode atau sesanti pemerintah Indramayu yang dipimpin seorang wanita tangguh dan kuat, Ibu Nina Agustina seraya memberi semangat agar masyarakat terus mengangkat obor agar pembangunan di kabupaten Indramayu meningkat dan bermartabat seperti visi misinya.

Tapi tulung aja kaya obor Blarak! Sebab obor blarak maknane seneng mung sedelatan! Yen wani aja wedi wedi. Yen wedi aja wani wani, Itu makna yang tersirat lads pawai obor jelang peringatan hari jadi kabupaten Indramayu ke 495. Yen seneng aja mung dipandeng. Yen mandeng.

Kudu terus Seneng itulah hakekat obor ysng ditebar dalam pawai kemarin malam. Kita pahami Dewi kamulyaning jagat di wilayah sliritual wong indramayu adalah: Ibu Dewi Nawangwulan.

Sedangkan mitolongi wanita tangguh dan pujaan rakyat yang dihormati sampai kini adalah Nyi Mas Gandasari, nyi Endang Darma dan Nyi Mas Ayu Ratu junti dan di iyeg ada Nyi Wari pahlawan wanita Desa Gadingan. Dan itu menjadi penyambung rakyat Indramayu. Bahwa Dermayu Ratune Wadon Indramayu akan makmur dan aman dipimpin seorang Wanita. Itu sudah terbukti. Mari bsjar obornya aja obor blarak. Yen senebg atine sing mantheng. Yen mantheng atine kudu Seneng. (Nurochman SudibyoYS).


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan