Wenny Haryanto Himbau Masyarakat Cerdas Pilih Obat dan Makanan, BPOM Jabar: Cek KLIK Saja

Kota Bekasi, MPN
Pasca-merebaknya kasus obat sirup yang menelan korban jiwa belum lama ini, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih obat dan makanan. Disiplin hidup bersih dan sehat menjadi perhatian utama untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat sehingga masyarakat bisa menghindari penggunaan obat-obatan.

Ajakan ini disampaikan Wenny Haryanto saat menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan yang dilaksanakan Jumat (2/12). Kegiatan yang digelar di Rumah Makan Rumpikal, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, ini menghadirkan narasumber Dra Sri Prihatin, Apt, MM, selaku Sub Koordinator Kelompok Substansi Inspeksi Balai Besar Pengawasan Obat dna Makanan Jawa Barat.

Nampak hadir dalan sosialisasi ini, antara lain Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio, dan segenap tokoh masyarakat. Sementara, peserta sosialisasi ini meliputi kalangan pengurus dan organisasi masyarakat (Ormas), seperti Forum Silaturahmi Lima Ormas (FSLO) Medansatria, Gibas, Forum Betawi Rempug (FBR), GMBI, Forkabi, Jejaka, dan Karang Taruna.

Dalam sosialisasi ini, Wenny Haryanto menegaskan pengawasan obat dan makanan merupakan hal strategis yang mempunyai dampak luas terhadap kesehatan masyarakat. Karena itu, ia berharap upaya sosialisasi ini mampu melindungi masyarakat dari obat-obatan atau bahan makanan yang beresiko terhadap kesehatan.

Wenny tak lupa mengajak seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti pola hidup yang lebih sehat lagi, terutama dalam memilih makanan dan obat yang layak dan aman dikonsumsi. “Jangan karena harganya yang murah tapi kosmetik yang kita beli ternyata tidak bermutu bahkan cenderung bisa merusak wajah kita, karena kosmetik yang kita beli ternyata mengandung mercury yang membahayakan,” tegas Wakil Rakyat yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VI meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok.

Wenny menyebut konsumsi masyarakat terhadap produk industri farmasi, obat, kosmetika dan makanan cenderung terus meningkat. “Sementara itu pengetahuan masyarakat masih belum cukup memadai untuk dapat memilih dan menggunakan produk obat-obatan, kosmetika dan makanan, secara tepat, benar dan aman,” ulasnya.

Wenny kembali mengingatkan pentingnya setiap individu untuk dapat menjaga kesehatan diri dan keluarganya. “Saya senantiasa mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hodup sehat dengan hanya memilih, membeli dan mengkonsumsi produk-produk farmasi, obat, kosmetika, dan makanan, yang aman untuk dipergunakan setiap saat, demi melindungi diri kita sendiri, keluarga, dan orang-orang yang kita sayangi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sri Prihatin mengatakan BPOM membeeikan layanan kepada masyarakat untuk mengetahui cara memilih obat dan makanan yang layak konsumsi. “BPOM menyediakan layanan yang dinamakan Cek KLIK yamg bisa digunakan masyarakat sebagai panduan untuk memilih obat dan makanan yang layak,” ujarnya.

Sebelum membeli obat dan bahan makanan, Sri mengungkapkan, masyarakat bisa memakai metode Cek KLIK, yakni cek kemasannya apakah masih rapih atau sudah rusak, cek labelnya untuk mengetahui komposisi dan aturan pakainya, cek ijin edarnya apakah sudah ada ijin edar dari BPOM atau belum, dan cek kedaluarsanya sehingga kita mendapatkan obat dan makanan yang layak untuk kesehatan masyarakat dan keluarganya masing-masing. “Cek KLIK merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari obat dan makanan yang berbahaya,” tegasnya. (Mul)



Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


SIAPAKAH CALEG DPR-RI / DPRD KABUPATEN / KOTA SE INDONESIA YANG TAMPIL HARI INI ?

Posting Terkait

Jangan Lewatkan